Penerapan Economic Order Quantity pada Aplikasi Inventory Air Mineral mokesa


Nursafi'at Nursafi'at(1*); Siska Anraeni(2); Mardiyyah Hasnawi(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem informasi Inventory bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi yang dapat membantu UD. Arif Jaya untuk melakukan prediksi jumlah bahan baku yang akan dipesan pada pemesanan berikutnya dan dapat menentukan waktu pemesanan kembali. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini adalah metode Economic Order Quantity (EOQ). Aplikasi ini berjalan di sistem komputer berbasis desktop dan dirancang dengan bahasa pemrograman Java. Hasil penelitian ini dihitung menggunakan kuisoner dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Pada peneltian ini data yang digunakan adalah data bahan baku pada tahun 2018 dan yang akan diprediksi adalah data bahan baku tahun 2019. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi ini dapat digunakan untuk menginput data-data bahan baku dan memprediksi bahan baku yang akan dipesan pada tahun berikutnya serta menentukan batas minimal stok bahan baku untuk melakukan pemesanan kembali. Hasil prediksi yang dihasilkan untuk pemesanan tahun 2019 pada bahan baku kardus sebanyak 1682 lembar dan batas minimal stok bahan baku sebelum melakukan pemesanan kembali sebanyak 2352 lembar dengan melakukan pemesanan sebanyak 27 kali dengan setiap 11 hari.


Keywords


Inventory; Bahan Baku; Reorder Point(ROP); Economic Order Quantity(EOQ)

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 386 times
PDF view: 474 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i1.517
  

Cite

References


H. Heizer, J. Jay, and B. Render, Operations management : manajemen operasi. Cikarang: Salemba Empat, 2009.

P. Ananca, Rancang Bangun Aplikasi Inventori Bahan Baku menggunakan Metode EOQ di PR. PD TOBACCO, J. Simki-Techsain, 2017.

O. E. Andira, Analisis Persediaan Bahan Baku Tepung Terigu menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity) pada Roti Puncak Makassar, J. Ilm. Ekon. Bisnis, vol. 21, no. 3, 2016.

S. Nurhasanah, Analisis Persediaan Solar dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada PT Anugerah Bara Kaltim, J. EKSIS, vol. 8, no. 2, 2012.

M. R. Putra, Analisa Perancangan Sistem Informasi Prediksi Pemesanan dan Pengendalian Stok Barang dengan Menggunakan Metode EOQ, J. Teknol., vol. 6, no. 2, pp. 4551, 2016.

F. Rangkuti, Manajemen persediaan: aplikasi di bidang bisnis. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.

I. Gitosudarmo, Manajemen Operasi. Yogyakarta: FE UGM, 2002.

T. Lukmana and D. T. Yulianti, Penerapan Metode EOQ dan ROP (Studi Kasus: PD. BARU), J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 3, Dec. 2015.

S. Prawirosentono, Riset operasi dan ekonofisika : (Operation research & econophysics). Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

R. Nazli, Aplikasi Perhitungan EOQ (Economic Order Quantity) Persediaan Handphone pada Outlet Kurnia Cell Teluk Kuantan, Riau J. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)