Rancang Bangun Aplikasi Counter Jumlah Praktikan Secara Otomatis


Listyan Nur Saida(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Abdul Rachman Manga(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Dalam penelitian ini dilakukan perancangan sebuah alat yang mampu menghitung jumlah praktikan yang hadir sebelum proses pembelajaran praktikum dimulai. Laboratorium Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia (UMI) masih menggunakan sistem pencatatan manual pratikan yang hadir dengan cara mengecek praktikannya satu persatu, sehingga sering terjadi kesalahan pada saat proses presensi berlangsung dan terdapat beberapa praktikan yang mengeluh mengenai kehadiran tidak mencukupi. Selain itu, permasalahan yang terjadi yaitu seringnya kesalahan human error dalam menginput data daftar hadir ke komputer. Sistem dirancang dengan menggunakan modul RFID dan Raspberry Pi sebagai komponen utama sistem, Cara kerja dari sistem ini bersumber dari pembacaan data identifikasi dari kartu RFID yang dibawa oleh praktikan laboratorium. Data yang terbaca oleh RFID akan dikirimkan ke Raspberry pi sebagai data masukan. Raspberry pi akan mengirimkan pembacaan data RFID ke komputer server sebagai data masukan. Komputer server akan menerima data dari Raspberry pi dan akan melakukan pengecekan data, ketika data yang diterima sesuai dengan jadwal mata praktikum yang sedang berlangsung, maka komputer server akan mengirim data ke Raspberry, dan akan ditampilkan pada LCD. Berdasarkan penelitian ini, dihasilkan sebuah aplikasi berbasis RFID yang memiliki fungsi untuk mendeteksi kehadiran praktikan melalui RFID tag, menyimpan data kehadiran praktikan pada database dan menyediakan report seluruh hasil presensi.


  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 169 times
PDF view: 89 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i3.614
  

Cite

References


A. Ridwan, Darjat, and Sudjadi, Dosen Pada Prototipe Sistem Ruang Kelas Cerdas, 2014.

J. F. Socaningrum and W. A. Syafei, Sistem Multi Akses Kartu Mahasiswa., 2015.

R. Kurniawan, Development of Electronic Parking System using RFID (Radio Frequency Identification) Technology in UMS Area, Get. Bachelor Degree Fac. Commun. Informatics study Progr. informatics, vol. 7, pp. 219232, 2014.

D. C. Dewandhika and Y. Christyono, Pemanfaatan Rfid Sebagai Teknologi Pendukung Untuk Prototype Sistem Pemilihan Umum Kepala (Pemilukada) Digital, Transient J. Ilm. Tek. Elektro, vol. 3, no. 2, pp. 187194, 2014, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/5454.

D. Nurjannah, Perancangan Stand Alone RFID Reader untuk Aplikasi Keamanan Pintu, Naskah Publ. Yogyakarta Sekol. Tinggi Manaj. Inform. dan Komput. AMIKOM., 2012.

Assaidah, Desain Sistem Kehadiran Mahasiswa Berbasis Teknologi RF-ID (Radio Frequency Identification), Sriwijaya, vol. 16 No 1, 2013.

B. Yuwono, S. P. Nugroho, and Heriyanto, Pengembangan Model Public Monitoring System Menggunakan Raspberry Pi, J. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 12 No2, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.