Penerapan Metode K-Nearest Neighbor Untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa Berbasis Web Pada Fakultas Ilmu Komputer UMI


Januaril Aditya Samudra(1*); Siska Anraeni(2); Herman Herman(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Program studi Teknik Informatika pada Universitas Muslim Indonesia merupakan prodi yang banyak diminati setiap tahun ajaran baru, akan tetapi semakin bertambahnya jumlah mahasiswa tidak berbanding lurus dengan jumlah mahasiswa yang lulus sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan data mahasiswa. Berdasarkan data yang ditemukan pada prodi tersebut untuk angkatan 2015 terdapat 186 mahasiswa sedangkan jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu sebanyak 53 mahasiswa. Hal tersebut menjadi kendala kemajuan dan menurunnya tingkat kualitas pada sebuah perguruan tinggi yang mempengaruhi penilaian akreditasi kampus. Pada penelitian ini menggunakan 141 dataset mahasiswa yang diperoleh dari Fakultas Ilmu Komputer pada mahasiswa angkatan 2015 dan 2016. Atribut yang digunakan untuk melakukan proses inputan prediksi kelulusan mahasiswa adalah data akademik mahasiswa seperti: IPS 1-4, Jenis Kelamin, SKS lulus serta beberapa data tambahan yang digunakan yaitu penghasilan orang tua perbulan, dan keaktifan organisasi. Tahap selanjutnya adalah membagi dataset menjadi dua yaitu data training yang merupakan data mahasiswa angkatan 2015 sebanyak 120 dan data testing merupakan data mahasiswa angkatan 2016 sebanyak 12 untuk menentukan mahasiswa yang lulus tepat waktu dan tidak tepat waktu dengan menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor. Algoritma ini berperan untuk mendapatkan nilai kedekatan kasus baru terhadap kasus lama, populasi terbanyak pada area K dengan nilai terdekat mahasiswa tersebut di prediksi apakah lulus tepat waktu atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil prediksi dengan menguji nilai K = 5 hingga K = 11 banyaknya data testing, diperoleh hasil pengujian terbaik pada nilai K = 11 mempunyai accuracy 76%, precision 70%, recall77% untuk klasifikasi tepat waktu dan tidak tepat waktu.


Keywords


Mahasiswa, K-Nearest Neighbor, Kelulusan Mahasiswa, Klasifikasi, Akurasi, Presisi, Recall,

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 534 times
PDF view: 841 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i4.638
  

Cite

References


A. Budiyantara, I. Irwansyah, E. Prengki, P. A. Pratama, and N. Wiliani, Komparasi Algoritma Decision Tree, Naive Bayes Dan K-Nearest Neighbor Untuk Memprediksi Mahasiswa Lulus Tepat Waktu, JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 265270, 2020.

R. Muliono, J. H. Lubis, and N. Khairina, Analisis Algoritma K-Nearest Neighbors dalam Prediksi Waktu Kelulusan Mahasiswa, Semant. (Seminar Nas. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 1216, 2019.

A. Y. Saputra and Y. Primadasa, Penerapan Teknik Klasifikasi Untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor, Techno.Com, vol. 17, no. 4, pp. 395403, 2018.

M. A. Maricar and Dian Pramana, Perbandingan Akurasi Nave Bayes dan K-Nearest Neighbor pada Klasifikasi untuk Meramalkan Status Pekerjaan Alumni ITB STIKOM Bali, J. Sist. dan Inform., vol. 14, no. 1, pp. 1622, 2019.

P. S. C. Moonallika, K. Q. Fredlina, and I. B. K. Sudiatmika, Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier (Studi Kasus STMIK Primakara), J. Ilm. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 4756, 2020.

H. Sujaini, Klasifikasi Citra Alat Musik Tradisional dengan Metode k-Nearest Neighbor, Random Forest, dan Support Vector Machine, J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 9, no. 2, p. 185, 2019.

M. Rivki and A. M. Bachtiar, Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor Dalam Pengklasifikasian Follower Twitter Yang Menggunakan Bahasa Indonesia, J. Sist. Inf., vol. 13, no. 1, p. 31, 2017.

K. Fitra, K. Jhoni, F. Ichsan, M. Sitti, Klasifikasi Keluarga Miskin Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor berbasis Euclidean Distance, Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), vol. 11, pp. 230-239, 2019.

R. Muliono, J. H. Lubis, and N. Khairina, Analisis Algoritma K-Nearest Neighbors dalam Prediksi

Waktu Kelulusan Mahasiswa, Semant. (Seminar Nas. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 1216, 2019.

A. Y. Saputra and Y. Primadasa, Penerapan Teknik Klasifikasi Untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor, Techno.Com, vol. 17, no. 4, pp. 395403, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Januaril Aditya Samudra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.