Ensiklopedia Wanita Berbasis Mobile Apps dengan Penerapan Algoritma Jaro Winkler Distance


Ayu Aksari(1*); Poetri Lestari L.B.(2); Lilis Nur Hayati(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Ensiklopedia Wanita Berbasis Mobile Apps merupakan aplikasi mobile yang menyajikan informasi mengenai wanita islami yang digolongkan kedalam 3 kategori yaitu sosial, psikologi, dan kesehatan. Aplikasi ini dibuat bukan hanya sebagai sumber informasi melainkan juga sebagai wadah berbagi informasi mengenai wanita islami yang secara otomatis akan melalui seleksi data menggunakan algoritma Jaro winkler distance dengan bantuan text preprocessing (case folding dan stopword elimination). Adapun pengelompokan kesamaan ada 2 yaitu kesamaan ringan (lebih kecil 1), dan kesamaan sama persis atau total (sama dengan 1). Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik blackbox (function analysis) pada pengujian beta menghasilkan presentase tertinggi dari kuisioner yaitu sebanyak 78% menyatakan setuju dengan adanya aplikasi Ensiklopedia Wanita berbasis mobile app dengan penerapan algoritma Jaro winkler distance. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi ini memang baik untuk diterapkan dan sangat mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi secara cepat dan menarik. Serta penggunaan seleksi data sangat membantu pada proses insert konten baru.


Keywords


Ensiklopedia Wanita;Algoritma Jaro Winkler Distance;Text Preprocessing.

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 183 times
PDF view: 73 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i4.642
  

Cite

References


Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Jumlah Penduduk Perempuan Indonesia pada 2018 Mencapai 131 , 9 Juta Jiwa, Databoks.Co.Id, p. 1, 2018.

A. Y. Ranius et al., Implementasi Metode Mobile-D Untuk Pembuatan Ensiklopedia Kebudayaan Kota Palembang Berbasis Android, J. Ilm., vol. x, no. 12, pp. 112, 2014.

B. Permana, E. Wahyu Hidayat, and A. Rahmatulloh, Aplikasi Ensiklopedia Pakaian Adat Dunia Berbasis Android, J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, pp. 151156, 2018.

Tinaliah, T. and Elizabeth, T., "Perbandingan Hasil Deteksi Plagiarisme Dokumen dengan Metode Jaro-Winkler Distance dan Metode Latent Semantic Analysis," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 6, no.1, pp. 7-12, 2018.

Novantara, P., "Implementasi Algoritma Jaro-Winkler Distance Untuk Sistem Pendeteksi Plagiarisme Pada Dokumen Skripsi," Buffer Informatika, vol 3 no. 2, 2018

Febrianti, Y.M., "Analisis Sentimen Pada Ulasan Lazada Berbahasa Indonesia Menggunakan KNearest Neighbor (K-NN) Dengan Perbaikan Kata Menggunakan Jaro Winkler Distance ", Universitas Brawijaya, 2018.

P. Novantara and O. Pasruli, Implementasi Algoritma Jaro-Winkler Distance Untuk Sistem Pendeteksi Plagiarisme Pada Dokumen Skripsi, J. Buffer Inform., vol. 3, no. 2, 2017.

A. T. J. H, Preprocessing Text untuk Meminimalisir Kata yang Tidak Berarti dalam Proses Text Mining, Inform. UPGRIS, vol. 1, pp. 19, 2015.

A. Kurniawati, Implementasi Algoritma Jaro-Winkler Distance untuk Membandingkan Kesamaan Dokumen Berbahasa Indonesia, Proceeding, Semin. Ilm. Nas. Komput. dan Sist. Intelijen KOMMIT 2008, Depok, Indones., 2010.

T. Tinaliah and T. Elizabeth, Perbandingan Hasil Deteksi Plagiarisme Dokumen dengan Metode JaroWinkler Distance dan Metode Latent Semantic Analysis, J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 712, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ayu Aksari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.