Perancangan Aplikasi Penyedia Jasa Asisten Rumah Tangga Berbasis Web


Rasman Rasman(1*); Purnawansayah Purnawansayah(2); Huzain Azis(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Manfaat internet yang sangat besar tersebut tentunya memudahkan semua orang untuk mengakses berbagai informasi dengan cepat dan mudah. Hal tersebut berkaitan bagi orang yang memiliki rutinitas harian yang cukup padat yang membuat ibu rumah tangga tidak bisa mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga sendiri sehingga pekerjaan rumah tidak dapat dilakukan dan tidak memilikiwaktu dalam mencari informasi tentang jasa pembantu rumah tangga. Tujuan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu untuk mencari asisten rumah tangga yang sesuai dengan kriteria seorang majikan mulai dari pengalaman bekerja, tamatan sekolah, dan beberapa keterampilan dari pembantu tersebut. Selain itu sistem ini memudahkan bagi calon majikan karena dalam memilih asisten rumah tangga tidak mesti ke Yayasan penyalur asisten rumah tangga. Metode Analisis dan Pengembangan yang digunakan adalah analisis beriorentasi objek, serta dirancang dengan UML (Unified Modelling Language) dan dibuat menggunakan PHP serta database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya aplikasi yang diimplementasikan pada beberapa orang yang membutuhkan tenaga seorang pembantu rumah tangga yang sesuai dengan keinginan majikan hingga akhirnya sistem ini dapat mempertemukan asisten rumah tangga yang dipilih menuju ke alamat majikan tersebut.

Keywords


UML; Calon Majikan; Asisten Rumah Tangga

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 442 times
PDF view: 353 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i1.697
  

Cite

References


S. Saiful and A. Ambarita, "Pembuatan Aplikasi Web Pencarian Jasa Pembantu Rumah Tangga (PRT) di Kota Ternate," Indonesian Journal on Information System, vol. II, no. 2, pp. 77-90, 2017.

Zulkifli, "Rancang Bangun Website E-Learning dengan Pemodelan UML," Intecoms: Journal of Information Technology and Computer Science, vol. I, no. 2, pp. 159-167, 2018.

H. N. Putra, "Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya," Sinkron: Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, vol. II, no. 2, pp. 67-77, 2018.

P. Yoko, R. Adwiya and W. Nugraha, "Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn," Jurnal Ilmiah Merpati, vol. VII, no. 3, pp. 212-223, 2019.

N. Nurmalasari, A. Anna and R. Arissusandi, "Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Laporan Laba Rugi Berbasis Web Pada PT. United Tractors Pontianak," Evolusi: Jurnal Sains dan Manajemen, vol. VII, no. 2, pp. 6-14, 2019.

J. Simatupang and S. Sianturi, "Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus pada PO. Handoyo Berbasis Online," Jurnal Intra-Tech, vol. III, no. 2, pp. 11-25, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.