Keamanan Jaringan VLAN dan VoIP Menggunakan Firewall


Irfan Irfan(1*); Ramdan Satra(2); Farniwati Fattah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Jaringan komputer adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan konfigurasi dan rancangan sebuah topologi, terutama jika komputer tersebut memiliki jumlah jaringan yang sangat banyak maka diperlukan sebuah rancangan jaringan yang saling terkoneksi dan terintegrasi, sebuah komunikasi yang handal didukung oleh sebuah keamanan data yang akan mempengaruhi tingkat layanan internet atau QOS (Quality Of Service). Teknologi yang dipakai adalah VoIP (Voice Over Internet Protokol) dan VLAN (Virtual Local Area Network), teknologi tersebut bisa diimplementasikan di lingkungan rumah,pada kantor dengan posisi bangunan bertingkat dan berguna untuk mengganti panggilan ke luar negeri dengan menggunakan VoIP biaya dapat ditekan mungkin, dan VLAN jaringan lokal virtual, dimana dengan teknologi tersebut jumlah perangkat yang digunakan dapat diminimalisir namun dengan kinerja yang lebih optimal. Untuk keamanan dalam pembuatan teknologi tersebut yaitu firewall dimana firewall akan memblok MAC Address yang berusaha menyadap atau mengambil data suara secara illegal. Hasilnya dengan menggunakan firewall jalur komunikasi VLAN dan VoIP cukup aman karena firewall mampu mengoptimalkan keamanan jaringan dan membatasi hak akses berdasarkan MAC Address dalam sistem yang dibuat.

Keywords


VoIP; VLAN; Firewall

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 491 times
PDF view: 744 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i1.720
  

Cite

References


A. P. Wahyu, Optimasi Jaringan Local Area Network Menggunakan VLAN dan VOIP, J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 5457, 2017

Azhar and M. Badrul, ISSN 2597-9922 | Penerapan Voice Over Internet Protokol Untuk Optimalisasi Jaringan Pada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Prosisko, vol. V, no. I, pp. 117, 2018.

H. M. Abdullah, Perancangan Jaringan Voice Over IP (VoIP) Berbasis Raspberry Pi Untuk Sistem Komunikasi Area Remote, TELKA - Telekomun. Elektron. Komputasi dan Kontrol, vol. 2, no. 1, pp. 3643, 2016.

B. B. Yoga and M. A. Raharja, Implementasi Vlan (Virtual Local Area Network) Pada Rumah Sakit Mata Ramata, JELIKU (Jurnal Elektron. Ilmu Komput. Udayana), vol. 7, no. 3, p. 177, 2019.

T. I. Bayu and N. Nurhanif, Model Keamanan pada Virtual Local Area Network (VLAN) untuk Mengatasi DHCP Rogue, Indones. J. Comput. Model., vol. 1, no. 2, pp. 5560, 2018.

F. Adhi Purwaningrum, A. Purwanto, E. Agus Darmadi, P. Tri Mitra Karya Mandiri Blok Semper Jomin Baru, and C. -Karawang, Optimalisasi Jaringan Menggunakan Firewall, vol. 2, no. 3, pp. 1723, 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.