Aplikasi Pencarian Barbershop Menggunakan Metode Harversine Formula Untuk Menentukan Jarak Terdekat


Nurmasita Tussa'ddia(1*); Harlinda Harlinda(2); Muh. Aliyazid Mude(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pangkas rambut merupakan kebutuhan orang setiap bulannya, tak terkecuali bagi pria. Banyaknya barbershop dikota Makassar merupakan suatu keuntungan, namun dengan ramainya antrian dibeberapa barbershop menjadi suatu kendala bagi laki-laki yang ingin mencukur rambut. Tujuan penelitian ini adalah dengan membangun suatu sistem yang dapat melakukan pencarian barbershop yang merekomendasikan jarak terdekat dengan lokasi pengguna. Solusi yang ditawarkan akan diwujudkan dengan menggunakan metode Harversin Formula, rumus yang tepat dalam menghitung jarak antara dua titik yakni dengan inputan latitude dan longtitude. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pencarian barbershop menggunakan metode Harversine Formula yang memungkinkan masyarakat untuk lebih mudah dalam mendapatkan barbershop dan dapat memesan kapster dengan persentasi pengujian betha mengatakan 50% setuju dan 30% sangat setuju, serta total presentase pengujianyang dicapai yaitu 92,7%.

Keywords


Barbershop; Kepster; Harversine Formula

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 266 times
PDF view: 239 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i1.759
  

Cite

References


F. Yudiatma and R. Triastity, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Arfa Barbershop di Surakarta," Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, vol. XV, no. 3, pp. 346-353, 2015.

L. S. Alala and A. T. Ferdinand, "Memperkuat Keputusan Pembelian Jasa Urbancut Barbershop Melalui Mediasi Citra Toko," Diponegoro Journal of Management, vol. VI, no. 1, pp. 1-11, 2016.

A. M. Herli, I. K. Raharjana and P. , "Sistem Pencarian Hotel Berdasarkan Rute Perjalanan Terpendek Dengan Mempertimbangkan Daya Tarik Wisata Menggunakan Algoritma Greedy," Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. I, no. 1, pp. 9-16, 2015.

S. Hidayat, I. Adil and N. Nikentari, "Sistem Informasi Geografis Menentukan Lokasi Bandara Untuk Pendaratan Darurat Dengan Menggunakan Haversine Formula," Jurnal Mahasiswa dan Dosen Teknik Informatika, pp. 1-8, 2016.

A. D. B. Qur'ani and D. Ratnasari, "Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Berbasis Android," Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. III, no. 1, pp. 32-45, 2018.

N. Firly, Android Application Development For Rookies With Database, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2019.

D. Fahmi.M and A. A. Mukhlis, "Media Pembelajaran Mengenal Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan Berbasis Game Android," Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknik Informatika, pp. 751-760, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.