Penerapan Enkripsi dan Dekripsi File Menggunakan Algoritma Twofish


Alriadi Tri Putra(1*); Poetri Lestari L.B.(2); Farniwati Fattah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi, tingkat pengguna internet semakin meningkat. Survei menunjukkan bahwa kenaikan jumlah pengguna internet akan terus bertambah, semakin banyaknya pengguna internet maka semakin banyak juga kejahatan yang terjadi di dunia maya. Salah satu teknik penyembunyian informasi yang cukup terkenal yaitu steganografi. Teknik ini bekerja dengan cara menyembunyikan informasi rahasia di dalam informasi lain sehingga informasi tersebut tidak dapat diketahui oleh orang lain yang tidak bersangkutan. Teknik ini memiliki beberapa metode salah satunya ialah algoritma twofish. Algoritma ini sangat baik digunakan dalam proses enkripsi dan dekripsi data, dibandingkan beberapa algoritma lainnya, dikarena algoritma twofish merupakan algoritma kuat yang sampai saat ini dinyatakan aman karena masih belum ada serangan kriptanalisis yang benar-benar dapat mematahkan algoritma ini. Aplikasi ini dibangun agar dapat membantu pengguna dalam pengamanan data informasi yang terkandung dalam file MP4 yang dikirim tersebut. Setelah melakukan enkripsi/dekripsi file sistem juga akan menampilkan angka kecepatan proses enkripsi/dekripsi file yang telah diproses. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan teknik blackbox menghasilkan presentase tertinggi dari kuisioner sebesar 83% menyatakan setuju dengan adanya aplikasi tersebut. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun, tidak memakan waktu yang lama dalam proses enkripsi/dekripsi file MP4 serta sangat membantu pengguna dalam proses pengamanan data informasi yang terkandung dalam file MP4 tersebut.

Keywords


File MP4; Enkripsi; Dekripsi; Algoritma Twofish

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 190 times
PDF view: 23 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i2.784
  

Cite

References


Badan Pusat Statistik, Jumlah Penduduk Perempuan Indonesia pada tahun 2018. 2015.

M. Natsir, Pengembangan Prototype Sistem Kriptografi Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Data Office, Jurnal, vol. 6, pp. 20895615, 2016.

N. Anwar, Perancangan Steganografi Hidden Message Dengan Metode Least Significant Bit Insertion (Lsb) Berbasis Matlab, J. Algoritm. Log. dan Komputasi, vol. 1, no. 1, pp. 2530, 2018, doi: 10.30813/j-alu.v1i1.1107.

S. L. Allo, Perbandingan Konsumsi Energi Algoritma Aes (256 Bit) Dan Twofish (256 Bit) Pada Ponsel Berbasis Android, Electro Luceat, pp. 3751, 2015, doi: Https://Doi.Org/10.32531/Jelekn.V1i1.13.

D. A. Novitasari, R. Rumani, R. Magdalena, P. S. Komputer, and U. Telkom, Algoritma Twofish Pada Data Teks ( Design and Analysis of Twofish Algorithm Cryptography Key Modification on Text Data ), vol. 2, no. 3, pp. 74127421, 2015.

Z. Rahman, T. Hasanuddin, and S. Mubarak Abdullah, Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam Implementasi Metode Enkripsi dan Deskripsi File menggunakan Algoritma Twofish INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK, vol. 1, no. 2, pp. 6670, 2020.

E. Hasmin, Implementasi Algoritma Twofish Pada Keamanan Data Berbasis Aplikasi Android, SENSITIf Semin. Nas. Sist. Inf. , 2019.

R. S. Puji Sutan, A. C. Prihandoko, and D. M. Firmansyah, Analisis Perbandingan Kinerja Algoritma Kriptografi Serpent dan Twofish pada Dataset World Bank Projects and Operations, Berk. Sainstek, vol. 8, no. 3, p. 65, 2020, doi: 10.19184/bst.v8i3.15805.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.