Implementasi Rencana Perjalanan Wisata di Kabupaten Bulukumba Menggunakan Algoritma Greedy Berbasis Website


Wahyuni Wahyuni(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Fitriyani Umar(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Bulukumba merupakan salah satu sektor yang memiliki keindahan alam dataran rendah dan dataran tinggi. Bulukumba sendiri sudah menjadi tujuan wisata yang populer, mulai dari wisata pantai, wisata sejarah, budaya dan Eko wisata, namun saat ini sistem informasi yang disajikan hanya berupa informasi mengenai lokasi dan informasi singkat, padahal yang dibutuhkan wisatawan adalah objek-objek yang di kawasan tempat wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi rencana perjalanan wisata dan menyajikan informasi rute perjalanan, sehingga dapat mempermudah wisatawan dalam mencari lokasi dan mengikuti rute perjalan wisata. Algoritma Greedy menjadi salah satu alternatif untuk membantu proses pencarian waktu tempuh. Penelitian ini telah berhasil membangun aplikasi rencana perjalanan wisata untuk membantu wisatawan dalam menentukan rencana perjalanan berdasarkan lokasi-lokasi wisata yang dipilih. Dari pengujian black box aplikasi, sistem ini dapat berjalan baik sesuai yang diharapkan dan penggunaan aplikasi memperoleh presentasi sebesar 78% menyatakan sangat setuju menurut para wisatawan.

Keywords


Algoritma greedy; Kabupaten Bulukumba; Wisatawan; Wisata

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 144 times
PDF view: 21 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i2.799
  

Cite

References


A. A. Rahma, POTENSI SUMBER DAYA ALAM DALAM MENGEMBANGKAN SEKTOR PARIWISATA DI INDONESIA, J. Nas. Pariwisata, vol. 12, no. 1, 2020.

Sulfikar, Purnawansyah, and L. Nur Hayati, Aplikasi Pemandu Wisata Kota Makassar Menggunakan Augmented Reality dengan Metode Location Based Service (LBS) berbasis Android, Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 1, no. 3, pp. 176181, 2020.

D. Wibawati and A. Prabhawati, Upaya Indonesia Dalam Mempromosikan Wisata Kuliner Sebagai Warisan Budaya Dunia, J. Tour. Creat., vol. 5, no. 1, pp. 3645, 2021.

B. Hadibrata and S. Maudin, PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENUJU TEMPAT WISATA MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GREEDY PADA DINAS PEMUDA OLAHRAGA KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA CIREBON, J. Ilm. Indones., vol. 5, no. 5, pp. 2635, 2020.

N. N. Sania and I. Sari, Bogor Menggunakan Algoritma Greedy Berbasis Website, J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 24, no. 2, pp. 114130, 2019.

M. Mungkin, H. Satria, J. Yanti, G. B. A. Turnip, and Suwarno, Perancangan Sistem Pemantauan Panel Surya Polycrystalline Menggunakan Teknologi Web Firebase Berbasis Iot, J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 319327, 2020.

R. D. Agustia and A. Suardi, PEMBANGUNAN APLIKASI PERENCANAAN PERJALANAN BAGI WISATAWAN, Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 16, no. 2, pp. 163172, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.