Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Kelayakan Proposal Penelitian Dosen Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting)


Muhammad Bayu Rahmat(1*); Harlinda Harlinda(2); Lilis Nur Hayati(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi oleh tenaga pendidik (Dosen) ialah dengan melakukan penelitian. Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. LP2S UMI sebagai unsur pelaksana tri dharma perguruan tinggi, telah melakukan berbagai kegiatan penelitian dalam menunjang implementasi tri dharma perguruan tinggi khusunya dalam bidang penelitian dan pengkajian. Ada tiga jenis penelitian yang dibuka oleh LP2S UMI akan tetapi pada penelitian ini hanya membahas dua jenis penelitian yaitu penelitian pemula dan penelitian internal. Sistem pendukung keputusan penyeleksian kelayakan proposal penelitian dosen menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting (SAW)) merupakan aplikasi yang dibuat gar mengurangi beban pihak LP2S dalam mengelola pendanaan proposal penelitian dosen. Dimana sistem akan memproses nilai yang diinputkan oleh tim reviewer kemudian sistem akan menampilkan output nilai hasil perengkingan dengan ketentuan jika hasil perengkingan lebih kecil 60 maka proposal penelitian tim dosen dinyatakan tidak lolos pendanaan, sedangkan jika nilai hasil perengkingan lebih besar 60 maka proposal dinyatakan lolos pendanaan. Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh dengan menggunakan teknik blackbox pada pengujian beta menghasilkan presentase tertinggi dari kuisioner sebanyak 82% menyatakan setuju dengan adanya aplikasi tersebut. Jadi dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini sangat baik untuk diterapkan agar membantu pihak LP2S dalam penyeleksian kelayakan proposal penelitian dosen UMI.

Keywords


Penelitian; Penyeleksian; Pendanaan; Proposal; LP2S UMI

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 255 times
PDF view: 140 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i2.804
  

Cite

References


LP2S UMI, Panduan Pengajuan Proposal Penelitian Internal UMI, Univ. Muslim Indones., 2018.

Irawati, Eni, and W. Susetyo, Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar, J. Supremasi, pp. 33, 2017.

S. A. Setiaji, Penggunaan Mobile Payment di Indonesia Tumbuh, 2019.

Heny Pratiwi, Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Jan, S. Roohullah, S. T. U. Shah, Z. U. Johar, Y. Shah, and F. Khan, An innovative approach to investigate various software testing techniques and strategies, Int. J. Sci. Res. Sci. Eng. Technol. (IJSRSET), Print ISSN, pp. 23951990, 2016.

Watkins and John, Testing IT An Off The Shelf Software Testing Process, Comput. Control Eng. J., vol. 12, no. 6, pp. 271-272., 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.