Analisa Perbandingan Metode Simple Additive Weighting dan nalytical Hierarchy Process Pada Sistem Pendukung Keputusan Peminatan Mahasiswa FIKOM UMI


Irsal Ardah(1*); Harlinda Harlinda(2); Lutfi Budi Ilmawan(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Peminatan mata kuliah pada sebuah perguruan tinggi adalah bentuk salah satu cara untuk memperdalam mata kuliah yang dipilih. Dalam memilih peminatan mahasiswa sebelumnya harus mempelajari mata kuliah yang terkait dengan peminatan yang akan diambil. Setiap memasuki semester 5 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UMI diwajibkan untuk memilih peminatan, cara mahasiswa memilih peminatan masih kurang efektif karena mereka masih berlandaskan pendapat orang lain tidak atas kemampuannya sendiri sehingga pada saat pendalaman materi akan terdapat kesulitan dalam proses belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem yang dapat memudahkan para Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia dalam menentukan peminatan yang sesuai dengan minat mahasiswa. Sistem ini menampilkan hasil perbandingan perhitungan dari 2 metode berdasarkan nilai matakuliah yang telah ditetapkan. Terdapat 3 kriteria yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer dan Sistem Cerdas (AI) serta terdapat 9 subkriteria yang digunakan yaitu algoritma, Basisdata 1, Analisis Perancangan Sistem, Fisika, Komunikasi Data, Elektronika Dasar, Logika Informatika, Matematika dan Statistik . Metode yang digunakan untuk proses pengambilan keputusan pada penelitian ini adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW) dan diperoleh hasil bahwa metode Analytical Hierarchy Process (AHP) lebih akurat. Hasil akhir dari penelitian ini adalah program aplikasi berbasis website yang dapat membantu mahasiswa dalam memilih sebuah peminatan pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Muslim Indonesia.


Keywords


Analytical Hierarchy Process (AHP); Mahasiswa; Simple Additive Weghting (SAW); Sistem Pendukung Keputusan; Peminatan

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 134 times
PDF view: 10 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i2.810
  

Cite

References


Jabatan Struktural Pada Biro Kepegawaian, Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 3343, 2016.

Abdul Khadir, Sistem Pendukung Keputusan, Sist. Pendukung Keputusan, vol. 8, pp. 17, 2014.

G. E. Rinaldhi, Penerapan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa Bantuan Siswa Miskin ( Bsm ) Pada Sma Negeri 1 Subah Kab . Batang, Jur. Tek. Inform. Fak. Ilmu Komput. Univ. Dian Nuswantoro Semarang, pp. 19, 2011.

R. Fauzan, Y. Indrasary, and N. Muthia, Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web, J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 79, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.101.

R. A. Suherdi, R. Taufiq, and A. A. Permana, Penerapan Metode AHP dalam Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Pegawai Di Badan Kepegawaian Dan Pengembagan Sumber Daya Manusia Kota Tangerang, Sintak, pp. 522528, 2018.

A. Abdullah and M. W. Pangestika, Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Dosen Pembimbing Skripsi Dengan Metode AHP di UM Pontianak, Cybernetics, vol. 2, no. 02, p. 234, 2018, doi: 10.29406/cbn.v2i02.1297.

Z. S. Saleh, Purnawansyah, and Sugiarti, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Kementerian Agama Kabupaten Pinrang Menggunakan Metode AHP, Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 1, no. 4, pp. 244250, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.