Sistem Informasi Bantuan Logistik Korban Bencana Alam


Abdul Muftia(1*); Poetri Lestari Lokapitasari Belluanoa(2); Muh. Aliyazid Mude(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem Informasi Bantuan Logistik Korban Bencana Alam merupakan  suatu  sistem berbasis website untuk  mengelola dan mengkoordinir data-data  dalam proses pendistribusian bantuan logistik pada setiap posko bencana alam. Pada aplikasi sistem informasi yang dibangun menggunakan metode selection sort dalam pengurutan data bantuan logistik korban bencana alam berdasarkan indeks ketersediaan barang secara ascending untuk memudahkan user dalam mencari kebutuhan logistiknya dan descending untuk memudahkan petugas posko induk menentukan bantuan yang harus di prioritaskan pada setiap posko bencana alam. Selain itu sistem yang dibangun dapat menampilkan seluruh data bantuan logistik pada setiap posko. Hasil dari implementasi penelitian ini, diamana sistem yang dibangun dapat menampilkan seluruh data bantuan logistik setiap posko dan adanya pengimplementasian metode selection sort pada sistem yang dirancang mampu mengurutkan data distribusi bantuan logistik secara ascending berdasarkan indeks ketersediaan barang pada halaman distribusi bantuan dan daftar bantuan logistik secara descending pada halaman cari batuan logistik dengan tingkat akurasi sebesar 100% dan kecepatan pengurutan data di bawah 1 detik untuk jumlah data sebanyak 1500 data. Sehingga dapat memudahkan korban bencana alam untuk mencari kebutuhannya, data mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi kebutuhan logistik pada setiap posko bencana alam, dan dapat memudahkan pihak BPBD dalam mengelolah dan mendistribusikan bantuan logistik.

Keywords


Bantuan Logistik; Bencana Alam; Selection Sort

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 399 times
PDF view: 241 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i2.830
  

Cite

References


Pemprov Sulsel, “Kabupaten Pinrang,” https://sulselprov.go.id. https://sulselprov.go.id/pages/info_lain/13 (accessed Jan. 08, 2020).

Suardi Suardi, “20 Desa Di Pinrang Rawan Bencana,” https://koran.tempo.co/, Makassar, Feb. 23, 2013.

BPBD Kab. Pinrang, “Data Bencana Kabupaten Pinrang Propinsi Sulawesi Selatan 2019.” Pinrang, PInrang, 2019.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana, “Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Bantuan Logistik Pada Status Keadaan Darurat Bencana,” https://bnpb.go.id/, 2012. https://bnpb.go.id/produk-hukum/peraturan-kepala-bnpb/uploads/uploads/24/peraturan-kepala/2012/perka-10-tahun-2012.pdf.

BPBD Kab. Pinrang, “Kartu Persediaan Barang.” Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pinrang, Pinrang, 2019.

R. E. S. Fujiati, Haris Kurniawan, “Rncangan Bangun Sistem Informasi Pendistribusian Logistik Korban Bencana Alam,” p. 6, 2014.

L. P. H. Dimas Ramadhan, “Rancangan Bangun Sistem Informasi Bantuan Logistik Bencana Studi Kasus Pada Bpbd Kabupaten Magelang,” p. 10, 2018.

Zaima Faiza Hakim, “Implementasi Metode Selection Sort Untuk Menentukan Barang Yang Harus Di Stok Ulang Dalam Sistem Informasi Penjualan,” vol. 01, 2017.

B. L. E. P. Poetri Lestari Lokapitasari Belluano, Purnawansyah Purnawansyah and Herman, “Sistem Informasi Program Kreativitas Mahasiswa berbasis Web Service dan Microservice,” vol. 12, p. 9, 2020.

Z. H. Luwis H. Laisina , Marceau A.F.Haurissa, “Sistem informasi data jemaat gpm gidion waiyari ambon Dan jemaat gpm halong anugerah ambon,” vol. 02, 2018.

Eril, “Pengertian PHP dan Fungsinya Dalam Pemrograman Web,” https://qwords.com/, 2020. https://qwords.com/blog/pengertian-php/ (accessed Jan. 22, 2020).

A. N. S. Budi Prasetyo, Timothy John Pattiasina, “Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Gudang (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat),” 2015.

F. Tanzil, “Selection Sort,” socs.binus.ac.id, 2019. https://socs.binus.ac.id/2019/12/26/selection-sort/ (accessed Jan. 22, 2020).

F. Sitepu, Yusman, “Implementasi Algoritma Bubble Sort Dan Selection Sort Menggunakan Arraylist Multidimensi Pada Pengurutan Data Multi Prioritas,” R. Rio Sitepu, M. Yusman, F. Febriansyah, p. 7, 2017.

Endang Retnoningsih, “Algoritma Pengurutan Data (Sorting) Dengan Metode Insertion Sort dan Selection Sort,” vol. 03, p. 12, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.