Aplikasi Pelaporan Bencana Kebakaran Di Kota Makassar Berbasis Mobile


Agung R(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Sugiarti Sugiarti(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kebakaran merupakan suatu bencana dengan potensi bahaya yang sangat besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan Aplikasi Pelaporan Bencana Kebakaran sehingga masyarakat dapat memberikan informasi tentang lokasi kejadian yang akurat. Setelah masyarakat melaporkan kejadian kebakaran, kemudian`data masuk di website admin pemadam kebakaran sehingga petugas pemadam kebakaran dengan mudah menentukan lokasi karena data yang diperoleh lengkap. Aplikasi dibangun berbasis mobile android untuk masyarakat dan web service untuk pemadam kebakaran. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall merupakan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC) paling awal yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak, dan metode perancangan sistem yang digunakan yaitu Data Flow Diagram (DFD) dan Unified Modelling Language (UML), serta pengujian sistem dengan metode white box. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat pengguna android untuk melaporkan bencana kebakaran yang terjadi di Kota Makassar, dan memudahkan petugas pemadam kebakaran menemukan lokasi kebakaran karena data yang diperoleh lengkap seperti nama pelapor, penyebab kebakaran, foto kebakaran, lokasi kebakaran, dipublikasikan di media sosial facebook, agar pengguna lebih mudah dan cepat memberikan informasi kepada masyarakat secara luas. Hasil pengujian akurasi dari lima titik kejadian kebakaran yang dilaporkan di Kota Makassar dapat disimpulkan tingkat akurasi lokasi adalah 80%.

Keywords


Aplikasi; Pelaporan; Metode Waterfall; SDCL; Mobile;

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 434 times
PDF view: 292 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i3.841
  

Cite

References


abdul. halim. musafir, Keselamatan Terhadap Resiko Kebakaran Pada Bangunan Ruko Di Kota Makasar, vol. 2, no. 1, pp. 1124, 2011.

U. Marfuah, D. Sunardi, Casban, and A. P. Dewi, Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Untuk Warga RT 08 RW 09 Kelurahan Kebon Pala Kecamatan Makasar Jakarta Timur, J. Pengabdi. Masy. Tek., pp. 716, 2020, doi: 10.24853/jpmt.3.1.7-16.

I. Arramsyah et al., PERANCANGAN APLIKASI PENCARIAN RUTE UNTUK MOBIL PEMADAM KEBAKARAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN ALOGRITMA ANT COLONY OPTIMIZATION ( Studi Kasus : Kota Bandung ) DESIGN AND IMPLEMENTATION OF APPLICATION ROUTE SEARCH ANDROID BASED FOR FIRE DEPARTMENT , vol. 4, no. 3, pp. 40914098, 2017.

R. Hidayat, S. Marlina, and L. D. Utami, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall, Simnasiptek, pp. 176183, 2017.

G. W. Sasmito, Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal, J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 612, 2017.

I. Faizin, STIT Pemalang 261, Strateg. Pemasar. Jasa Pendidik. Dalam Meningkat. Nilai Jual Madrasah, vol. 7, pp. 261283, 2017, [Online]. Available: https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.