Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Makanan Penderita Obesitas Menggunakan Metode Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje


Fitrah Wahyu Ningsih(1*); Harlinda Harlinda(2); Herdianti Darwis(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Gaya hidup yang serba modern saat ini banyak sekali jenis makanan beredar yang tidak sesuai sehingga manusia lebih rentan terhadap penyakit. Makanan yang semakin beragam akan dikonsumsi sehingga menyebabkan banyaknya masyarakat baik anak-anak maupun dewasa terserang obesitas. Hal tersebut menuntut seseorang harus pandai dalam memilih makanan dan mengatur pola makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu para penderita obesitas dalam memilih menu makanan yang tepat dan baik dengan memperhatikan kandungan-kandungan makanan yang baik dikonsumsi ataupun tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Višekriterijumsko Kompromisno Rangiranje (VIKOR) untuk mengatasi permasalahan multikriteria sistem yang berfokus pada ranking dan seleksi dari sebuah alternatif. Selain itu Metode VIKOR bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan sistem pendukung keputusan pemilihan menu makanan pada penderita obesitas. Pada sistem pendukung keputusan ini mempertimbangkan 4 kriteria yaitu karbohidrat, protein, lemak dan serat dengan 40 jenis menu makanan alternatif. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat melakukan perankingan dengan performansi 100%.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan; Menu makanan; Obesitas; VIKOR

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 378 times
PDF view: 217 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i3.871
  

Cite

References


N. Puspitasari, “Kejadian Obesitas Sentral pada Usia Dewasa,” HIGEIA (Journal Public Heal. Res. Dev., vol. 2, no. 2, pp. 249–259, 2018, doi: 10.15294/higeia.v2i2.21112.

A. N. Auliah, A. L. Nur’aeni, E. N. Hidayati, and I. R. Yusup, “Hubungan pola hidup dan berat badan mahasiswa pendidikan biologi semester 7a,” J. Bio Educ., vol. 5, no. April, pp. 24–29, 2020.

A. A. Rafiq, Sutono, and A. L. Wicaksana, “Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Penurunan Berat Badan dan Tingkat Kolesterol pada Orang dengan Obesitas : Literature Review,” J. Keperawatan Klin. dan Komunitas, vol. 5, no. 3, pp. 167–178, 2021.

A. N. Afifah and A. Firdonsyah, “Design of Decision Support System for Food Selection for Diabetes Mellitus Type 2 Using Weighted Product Method ( Case Study : Puskesmas Temon II Kulon Progo ) Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Makanan untuk Penderita Diabetes Mellitus T,” SENASAINS 2nd, vol. 1, no. 2, 2021.

G. Suwardika and I. K. P. Suniantara, “Penerapan Metode VIKOR pada Pengambilan Keputusan Seleksi Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Terbuka,” INTENSIF, vol. 2, no. 1, pp. 24–35, 2018.

Y. Primadasa and H. Juliansa, “Penerapan Metode Vikor dalam Seleksi Penerimaan Bonus Pada Salesman Indihome,” DigitalZone, vol. 10, no. 1, pp. 33–43, 2019.

P. C. D. Dewi, I. M. A. Yudana, P. P. G. P. Pertama, and I. K. P. Suniantara, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit pada Koperasi Serba Usaha Sedana Masari menggunakan Metode VIKOR,” J. Sist. DAN Inform., pp. 26–36, 2021.

M. K. Kusuma, N. A. Hasibuan, and I. Saputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik dengan Menggunakan Metode VIKOR,” J. Inf. Sist. Res., vol. 1, no. 3, pp. 123–129, 2020.

N. M. Nst, R. D. Hanum, and A. F. Siahaan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Makanan pada Penderita Obesitas dengan Menggunakan Metode MOORA,” SENSASI 2018, pp. 135–140, 2018.

W. Astuti, M. Wati, and V. Z. Kamila, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Taman Kanak-Kanak di Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara Menggunakan Metode AHP-VIKOR,” JURTI, vol. 5, no. 1, pp. 83–93, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.