Penerapan Metode Dijkstra Untuk Menentukan Lokasi Dan Jarak Tempuh Terpendek Kampus UMI Makassar


Suci Wianingrat H(1*); Yulita Salim(2); Nia Kurniati(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Mahasiswa seringkali kesulitan dalam menentukan jarak terpendek menuju ke Kampus UMI dikarenakan banyaknya jalur dapat dilalui oleh pengguna, maka dalam membantu menentukan jarak terpendek dapat digunakan peta konvensional dan memilih jalur yang dianggap terpendek dari daerah asal ke lokasi tujuan. Namun hal ini dirasa kurang maksimal dan memperlambat waktu karena harus memilih sendiri dari banyak jalur yang ada dan melakukan perhitungan sendiri jarak terpendek dari daerah asal menuju daerah tujuan yang dikehendaki. Algoritma Dijkstra merupakan salah satu algoritma untuk menentukan rute terpendek dari lokasi pengguna menuju lokasi tujuan dengan memasukkan variabel-variabel yang dibutuhkan yaitu Latitude dan Longitude untuk membuat titik simpul serta variabel jarak untuk menampilkan jarak titik antar simpul yang dibentuk dengan menerapkan metode Haversine Formula. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode dijkstra dalam menentukan lokasi dan jarak tempuh terpendek ke kampus UMI di Kota Makassar berbasis android. Proses pencarian rute akan menggunakan algoritma dijkstra dan hasil akhir yang ditampilkan adalah informasi rute jalan yang harus dilalui. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil kuesioner yang di berikan ke mahasiswa didapatkan tingkat persentase sebanyak 85,2% yang setuju dengan aplikasi tersebut, serta akurasi penerapan metode dijkstra dengan tingkat persentase 85,74 % pada sistem yang telah dibangun.

Keywords


Aplikasi Pencarian Lokasi; Algoritma Dijkstra; Universitas Muslim Indonesia; Penentuan Jalur Terpendek

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 327 times
PDF view: 293 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i3.897
  

Cite

References


Sauwani, A. Halim, Jeki, and V. N. Putra, Implementasi Algoritma Djikstra Untuk Menentukan Lokasi Dan Jarak Tempuh Terpendek Kampus It Di Jakarta, J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 2936, 2019.

Bogas and Shagas, Algoritma Dijkstra untuk Penentuan Jalur Terdekat dan Rekomendasi Obyek Parawisata di Pulau Bali, no. Universitas Dian Nuswantoro : Program Studi Teknik Informatika, 2008.

Fitria, Implementasi Algoritma Dijkstra dalam Aplikasi untuk Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota di Sumatera Bagian Selatan, J. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, 2013.

Pranatawijaya, V. Handrianus, W. Widiatry, N. N. K. Sari, and P. B. A. A. Putra, Sistem Informasi Geografis Mencari Rute Lokasi Travel Di Kota Palangka Raya Berbasis Website, J. Teknol. Inf. J. Keilmuan dan Apl. Bid. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 76-82., 2019.

Pinandita, Tito, and L. N. Arifin, Sistem Informasi Geografis Pencucian Sepeda Motor Melalui Algoritma Dijkstra Berbasis Android Di Kota Purwokerto, J. Media Pratama, vol. 14., no. 1, pp. 5361, 2020.

Hamdi, Saeful, and P. Prihandoko, Analisis Algoritma Dijktra dan Algoritma Bellman-Ford Sebagai Penentuan Jalur Terpendek Menuju Lokasi Kebakaran (Studi Kasus: Kecamatan Praya Kota), Energy, vol. 8, no. 1, pp. 26-32., 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.