Diagnosa Penyakit Tanaman Rumput Laut Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web Di Desa Wanabarue Kab. Pangkep


Nur Chaerunnisa(1); Poetri Lestari L.B.(2); Herdianti Darwis(3*);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memberikan informasi tentang jenis penyakit rumput laut yang sesuai dengan gejala-gejala yang dilihat. Metode yang digunakan yaitu penerapan metode Certainty Factor dengan mesin Inferensi Forward Chaining. Jenis rumput laut yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis E. Cottoni (Euchema Cottoni) yang dapat ditemukan pada usaha budidaya rumput laut perairan indonesia, salah satunya usaha budidaya rumput laut Pak Maming. Data inputan yang digunakan yaitu variabel gejala pada rumput laut untuk menentukan jenis penyakit yang menyerang rumput laut. data gejala yang diinputkan dalam penelitian ini adalah Lambatnya pertumbuhan, Bintik-bintik putih atau bercak merah, Berubah menjadi kuning pucat, Mudah rapuh dan putus, Lembek dan busuk, Thallus berwarna putih, Busuk pada bagian ujung, Warna tidak cerah pada batang, Gelembung berwarna coklat, dan Timbulnya getah pada bagian tangkai. Data yang telah diinputkan akan diuji menggunakan mesin inferensi Forward Chaining yang bekerja untuk menghasilkan kesimpulan dari fakta yang ada dan kesimpulan tersebut akan diolah kembali untuk mendapatkan nilai kepastian dengan menggunakan metode Certainty Factor. Berdasarkan dari pengujian dan implementasi rumput laut jenis E.Cottoni menyatakan bahwa nilai rata- rata yang di dapatkan penyakit pucuk putih sebesar 81,75% dan penyakit iceice sebesar 76,5%. Oleh karna itu hasil ini menunjukkan sistem mampu menentukan jenis penyakit rumput laut berdasarkan gejala yang diinputkan oleh user.

Keywords


Certainty Factor; Forward Chaining; Rumput Laut

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 510 times
PDF view: 393 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i4.969
  

Cite

References


I. N. Radiarta, E. And R. , "Analisis Pola Musim Tanam Rumput Laut, Kappaphycus Alvarezii Melalui Pendekatan Kesesuaian Lahan Di Nusa Penida, Bali," Jurnal Riset Akuakultur, Vol. 9, No. 2, Pp. 319-330, 2014.

R. P. Maryunus, "Pengendalian Penyakit Ice-Ice Korelasi Musim Dan Manipulasi Terbatas Lingkungan," Jkpi, Vol. 10, No. 1, Pp. 1-10, 2018.

N. Erbabley And D. M. Kelabora, "Identifikasi Bakteri Rumput Laut Kappaphycus Alvarezii Berdasarkan Musim Tanam Di Perairan Maluku Tenggara," Akuatika Indonesia, Vol. 3, No. 1, Pp. 19-25, 2018.

F. F. Rohman And A. Fauzijah, "Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Menentukan Jenis Gangguan Perkembangan Pada Anak," Media Informatika, Vol. 6, No. 1, Pp. 1-23, 2008.

H. Jamaludin, "Aplikasi Metode Certainty Factor Pada Pengembangan Sistem Pengklasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus," Jurnal Ssitem Informasi Bisnis, Vol. 03, Pp. 132-143, 2013.

K. Aryasa, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Campak Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Tika, Vol. 6, No. 01, Pp. 81-87, 2021.

M. Arifin, S. And W. E. Yulia Retnani, "Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau," Berkala Sainstek, Vol. 5, No. 1, Pp. 21-28, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.