Pemanfaatan User Centered Design (UCD) Untuk Pengembangan Website Pelayanan Administrasi Domisili Penduduk Kecamatan Tomia


Rahmat Ramadhan(1*); Poetri Lestari L.B(2); Farniwati Fattah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Begitu kompleksnya kebutuhan user terhadap kinerja sistem sehingga penting dalam pengembangan aplikasi menerapkan metode User Centered Design (UCD). Dimana pengembangan sistem nantinya bersumber dari pendapat kebutuhan, pola dan tingkah laku pengguna. Tujuan penggunaan metode User Centered Design (UCD) ini adalah untuk mengatasi masalah ketidakmampuan pengguna dalam menggunakan sistem dan diharapkan pengguna mampu mengetahui fungsi dan alur kerja sistem secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun website pelayanan administrasi domisili penduduk kecamatan Tomia dengan memanfaatkan UCD untuk pengembangan website pelayanan administrasi domisili penduduk kecamatan Tomia. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik blackbox pada pengujian alpha dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi sudah berjalan dengan menggunakan metode UCD. Pada pengujian beta menghasilkan persentase tertinggi dari kuesioner yaitu sebanyak 89,3 % yang mengatakan bahwa perangkat lunak yang dibangun memiliki tampilan yang sudah memenuhi kebutuhan pengguna, sistem mudah dipahami, penempatan menu-menu yang ada sudah memenuhi kebutuhan pengguna, warna tampilan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna, fungsi-fungsi menu sudah memenuhi kebutuhan pengguna, sistem memberikan manfaat bagi pengguna serta sistem memberikan panduan yang baik. Berdasarkan hasil pengujian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi ini telah sesuai dengan yang diharapkan dan memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil setelah menggunakan aplikasi ini adalah aplikasi sudah berjalan dengan menggunakan metode UCD.


Keywords


Metode UCD; Adminstrasi Domisili Penduduk; Website

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 550 times
PDF view: 304 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i4.987
  

Cite

References


B. P. K. W. Statistik, Kecamatan Tomia Dalam Angka 2019, 2019.

K. Setiawan, Sistem Administrasi Kependudukan Berbasis Web Desa Bondansari Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan, Fak. Komun. dan Inform., no. Tidak diterbitkan, 2019.

Y. V. Akay, A. J. Santoso, and F. L. S. Rahayu, Metode User Centered Design [UCD] Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas [Studi Kasus: Kota Manado], Pros. Semin. Nas. ReTII, no. Amborowati, pp. 16, 2019, [Online]. Available: http://e-journal.uajy.ac.id/9777/4/3MTF02193.pdf.

I. S. Y. Saputri, M. Fadli, and I. Surya, Implementasi E-Commerce Menggunakan Metode UCD (User Centered Design) Berbasis Web, J. Aksara Komput. Terap., vol. 6, no. 2, pp. 269278, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakt/article/view/1378.

O. Yuliani and J. Prasojo, Rancang Bangun Sistem Informasi Obyek Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd), Angkasa J. Ilm. Bid. Teknol., vol. 7, no. 2, p. 149, 2017, doi: 10.28989/angkasa.v7i2.158.

D. Untuk, M. Salah, S. Syarat, D. Menempuh, G. Sarjana, and T. Informatika, DESA PARAKANLIMA BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL, 2020.

N. Khaerunnisa and N. Nofiyati, Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Web Studi Kasus Desa Sidakangen Purbalingga, J. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 2533, 2020, doi: 10.20884/1.jutif.2020.1.1.9.

N. A. S. Ary Setyoningrum, Paulus Insap Santosa, Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Arsip Bangunan Berbasis User Centered Design (Ucd), pp. 25808796, 2017, [Online]. Available: http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9098.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.