Penerapan Rivest Shamir Adleman Untuk Verifikasi Tanda Tangan Digital Pada Lembar Pengesahan Skripsi


Muhammad Akbar(1*); Poetri Lestari L.B(2); Farniwati Fattah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Adanya kemudahan menandatangani lembar pengesahan skripsi secara digital menimbulkan masalah yaitu tanda tangan digital dapat diduplikasi sehingga mudah sekali digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karenanya dibutuhkan sistem verifikasi untuk mengenali keabsahan lembar pengesahan skripsi Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode RSA untuk verifikasi tanda tangan digital pada lembar pengesahan skripsi dengan mengecek keabsahan lembar pengesahan skripsi mahasiswa, sehingga dapat mencegah tindakan curang mengesahkan lembar pengesahan skripsi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab tanpa sepengetahuan dosen yang bersangkutan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu merancang aplikasi tanda tangan digital yang dapat memverifikasi tanda tangan dosen yang telah diekstrak menggunakan metode RSA pada lembar pengesahan skripsi mahasiswa berekstensi PDF, dan proses verifikasi sistem dengan cara membandingkan nilai hash antara tanda tangan digital yang tersimpan dalam database dengan tanda tangan digital yang termuat pada file lembar pengesahan skripsi mahasiswa.

Keywords


Tanda tangan digital; Rivest Shamir Adleman;

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 227 times
PDF view: 142 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i4.993
  

Cite

References


T. Yuniati and M. F. Sidiq, "Literature Review: Legalisasi Dokumen ElektronikMenggunakan Tanda Tangan Digital sebagai Alternatif Pengesahan Dokumen di Masa Pandemi," RESTI, vol. IV, no. 6, p. 1058 1069, 2020.

M. U. Noor, "Tanda Tangan Digital: Otoritas pada Arsip Elektronik," JIPI, vol. 6, no. 1, pp. 17-26, 2021.

O. K. Sulaiman, M. Ihwani and S. F. Rizki, "Model Keamanan Informasi Berbasis Tanda Tangan Digital Dengan Data Encryption Standard (Des) Algorithm," InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 1, no. 14-19, p. 1, 2016.

Y. Anshori, A. E. Dodu, D. M. P and W. , "Implementasi Algoritma Kriptografi Rivest Shamir Adleman (RSA) pada Tanda Tangan Digital," Techno.Com, vol. 18, no. 2, pp. 110-121, 2019.

F. Nuraeni, Y. H. Agustin and I. M. Muharam, "Implementasi Tanda Tangan Digital Menggunakan RSA dan SHA-512 Pada Proses Legalisasi Ijazah," Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI), pp. 864-869, 2018.

Z. A. Hasibuan, "Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi," Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, p. 126130, 2007.

F. Nuraeni, Y. H. Agustin, D. Kurniadi and I. D. Ariyanti, "Implementasi Skema QR-Code dan Digital Signature menggunakan Kombinasi Algoritma RSA dan AES untuk Pengamanan Data Sertifikat Elektronik," Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), vol. 12, pp. 43-52, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.