Penerapan Algoritma Binary Search Pada Aplikasi Kamus Bahasa Wolio (Buton)


Moh Zul Fitrah(1*); Ramdan Satra(2); Lutfi Budi Ilmawan(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki suku bangsa, budaya, dan bahasa yang beragam di mana setiap bahasa memiliki nilai sejarah dan budaya masing-masing. Salah satu bahasa daerah yang memiliki nilai sejarah serta budaya yang tinggi adalah bahasa Wolio. Bahasa Wolio termasuk salah satu kelompok bahasa yang terdapat di kerajaan Buton, sekarang pemerintahan kota Bau-Bau. Salah satu keunggulan bahasa Wolio dibandingkan kelompok bahasa lainnya di kerajaan Buton, bahwa bahasa Wolio memiliki sistem aksara sendiri yang diadopsi dari aksara Arab dan aksara Jawi. Namun penggunaan bahasa serta aksara Wolio telah mengalami penurunan penggunaan dalam bahasa komunikasi sehari-hari. Untuk itu, dari penjelasan diatas dianggap perlu adanya media atau sarana untuk menjaga dan melestarikan budaya tersebut. Binary search adalah algoritma pencarian yang menggunakan prinsip divide and conquer, sebuah masalah atau tujuan di selesaikan dengan cara mempartisi masala menjadi bagian yang lebih kecil. Tujuan penelitian ini yaitu membangun aplikasi interaktif kamus bahasa dan aksara Wolio berbasis android untuk membantu dan memudahkan proses belajar bahasa daerah serta aksara Wolio dengan menggunakan algoritma binary search sebagai metode pencarian kata dalam kamus bahasa Wolio. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan pengujian Black box testing dengan menggunakan 12 skenario berbeda adalah aplikasi ini dapat berjalan sesuai dengan fungsionalitas dan sesuai dengan yang diharapkan, dan aplikasi ini bebas dari kesalahan logika dikarenakan jumlah path sama dengan Cyclomatic Complexcity di pengujian Whitebox testing.

Keywords


Kamus Digital; Bahasa Wolio; Aksara Wolio; Binary Search; Black Box; White Box

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 194 times
PDF view: 43 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v2i4.998
  

Cite

References


Tim Penyusun, Pemertahanan Bahasa Daerah dalam Bingkai Keberagaman Budaya di Sulawesi Tenggara, in Prosidings Kongres II Bahasa-bahasa Daerah Sulawesi Tenggara, 2015, p. 356.

L. Niampe, Bahasa Wolio Di Kerajaan Buton, Linguistika, vol. 18, no. 34, 2011.

I. Aziz, H. Harafani, and P. Studi Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Jl Jatiwaringin Raya Jakarta Timur, Aplikasi Kamus Bahasa Betawi Berbasis Android Menggunakan Metode Sequencial Search, J. Penelit. Ilmu Komputer, Syst. Embed. Log., vol. 4, no. 1, pp. 2735, 2016.

[

M. N. N. Sitokdana, N. Koibur, D. A. Tepmul, and W. Yuventus Opki, Digitalisasi Kamus Bahasa Suku Ngalum Ok-Indonesia berbasis Android, Univ. AMIKOM Yogyakarta, pp. 1924, 2018.

F. Rohman, P. W. Buana, A. Agung, and K. Wiranata, Rancang Bangun Penerjemah Bahasa Indonesia ke Bahasa Jawa Berbasis Android, Merpati, vol. 3, no. 1, pp. 4047, 2015.

M. Y. Ibrahim, Kamus Lima Bahasa Dengan Metode Binary Search Dan Levenshtein Distance Berbasis Android, pp. 121, 2016.

G. Syahputra and B. Sinurat, Implementasi Teknik Binary Search Pada Kamus Indonesia - Batak Toba, J. Informatics Pelita Nusant., vol. 1, no. 1, pp. 2837, 2016.

Bc. Radim Goth, Testing techniques for mobile device applications, 2015.

U. Juhardi and E. Sahputra, Aplikasi Kamus Bahasa Daerah Serawai Menggunakan Algoritma Bubble Sort dan Voice Recognition Berbasis Android, J. Media Infotama, vol. 14, no. 2, 2018, doi: 10.37676/jmi.v14i2.666.

B. Sulistio, S. Lutfi, and R. Ridwan, Aplikasi Kamus Bahasa Taliabu Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Binary Search, JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 2, pp. 6772, 2019, doi: 10.33387/jiko.v2i2.1316.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.