Rancang Bangun E-Commerce Berbasis Web pada Toko Hil-Star Bantal Menggunakan Metode Extreme Programming
Muh Nur Ichsan Patahillah(1*); Irawati Irawati(2); Lutfi Budi Ilmawan(3);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractToko Hil-Star Bantal merupakan toko UMKM yang bergerak di bidang peralatan rumah seperti bantal dan berbagai macam
jenis bantal, dalam melalui penjualan menawarkan eceran ataupun memesan barang dalam jumlah yang banyak. Era digital saat ini melakukan hampir segalanya kegiatan yang dilakukan secara digital. Salah satu bidang kegiatannya merupakan pemasaran dan menjualnya secara digital (online) hal tersebut dapat menggunakan aplikasi e-commerce untuk membantu dan menaikkan perekonomian bagi beberapa toko UMKM. Dalam masalah perekonomian yang menurun dikarenakan sulitnya penjualan yang masih manual dan pemasaran yang masih menggunakan cara konvensional. Masalah tersebut penulis memanfaatkan tersebut dengan solusi yaitu membangun e-commerce pada toko Hil-Star Bantal UMKM, Dimana dalam dunia bisnis perkembangan teknologi informasi atau e-commerce merupakan sebuah langkah besar yang sangat menguntukngkan. Belanja online di e-commerce merupakan sistem yang mempermudahkan proses penjualan lewat pemasaran yang dimana dimulai secara manual dan kemudian berubah dimana produk ataupun barang yang di perjualbelikan di e-commerce akan menyebar luaskan kepada masyarakat lewat online promosi. Implementasi e-commerce berbasis website ini menggunakan metode extreme programming (XP) dalam penelitian ini merupakan dengan melakukan tahap Perencanaan (planning) sistem dengan analisis data. Kemudian tahap perancangan (Design), tahap coding dan melakukan testing sebagai tahapan terakhir. E-commerce berbasis website ini dilakukan secara online dengan cara melakukan pemesanan produk yang di tawarkan secara langsung sehingga dapat dipesan ataupun diakses dimana saja dan kapan saja untuk memudahkan para user atau Customer pengguna website agar penjualan dapat berjalan dengan lancar. KeywordsE-Commerce; Website; UMKM; Extreme Programming
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 4 timesPDF view: 1 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/linier.v1i2.2489 |
Cite |
References
S. Budiutomo, N. A. Santoso, D. Arif, and R. Hakim, “Sistem Informasi E-Commerce Pada Toko LOne
Komputer
Tegal
Berbasis
Website,”
Spesial
Issue,
vol.
,
no.
,
pp.
–50,
Jan.
W. M. Sari, A. Amran, and H. O. Lingga Wijaya, “Penerapan E-Commerce Menggunakan Metode
Extreme Programming Pada Umkm Kabupaten Muratara,” Jusikom : Jurnal Sistem Komputer
Musirawas, vol. 5, no. 2, pp. 136–144, Nov. 2020, doi: 10.32767/jusikom.v5i2.1095.
D. Andriansyah and L. Nulhakim, “Extreme Programming Dalam Perancangan Sistem Informasi Jasa
Fotografi,” Feb. 2021.
K. Salsabela and S. Solikin, “Sistem Informasi Penjualan Online Pada CV. Palugada Enterprise Jakarta
Dengan Metode Extreme Programming,” Information Management For Educators And Professionals :
Journal of Information Management, vol. 7, no. 1, p. 71, Apr. 2023, doi: 10.51211/imbi.v7i1.2234.
N. A. Septiani and F. Y. Habibie, “Penggunaan Metode Extreme Programming Pada Perancangan
Sistem Informasi Pelayanan Publik,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 3,
p. 341, Mar. 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3931.
B. D. Juniansyah, E. R. Susanto, and A. D. Wahyudi, “Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event
Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment,” Jurnal Tekno Kompak, vol. 14, no. 1, p. 41, Feb. 2020,
doi: 10.33365/jtk.v14i1.499.
S. Hajrah Mansyur, D. Atmajaya, and L. Budi Ilmawan, “Penerapan E-Business Sebagai Sistem
Pemasaran Digital Produk Kunyit Gunung Silanu Sulawesi Selatan,” Apr. 2020.
S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun
Jakarta,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 182–189, Aug. 2018, doi:
33096/ilkom.v10i2.310.182-189.
R. J. Naimah, M. W. Wardhana, R. Haryanto, and A. Pebrianto, “Penerapan Digital marketing Sebagai
Strategi Pemasaran UMKM,” Jurnal IMPACT: Implementation and Action, vol. 2, no. 2, p. 39, Aug.
, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.
M. Yasin, S. Garancang, and A. A. Hamzah, “Metode dan Instrumen Pengumpulan Data (Kualitatif
dan Kuantitatif),” Mar. 2024. [Online]. Available: https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
A. T. Priandika and D. Riswanda, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Barang
Berbasis Online Menggunakan Pendekatan Extreme Programming,” Jurnal Ilmiah Computer Science,
vol. 1, no. 2, pp. 69–76, Jan. 2023, doi: 10.58602/jics.v1i2.8.
N. Sari and D. Cahyani, “Perancangan Sistem Informasi Monitoring Sertifikat Menggunakan Extreme
Programming,” Jurnal Ilmiah Computer Science, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, Jul. 2022, doi:
58602/jics.v1i1.1.
J. Palit, R. A. Satria, and A. A. Tantowi, “E-Commerce Web Application Untuk Membantu
Masyarakat,” Jurnal Pengembangan Sistem Informasi dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 20–30, Apr.
, doi: 10.47747/jpsii.v5i2.1735.
D. Fitriani, “Peranan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Perkembangan E-Commerce Dalam
Pengambilan Keputusan Bagi Usaha UMKM,” Jkpim : Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen,
vol. 1, no. 1, 2023.
I. Carolina, A. Supriyatna, J. Kamal Raya No, and R. Barat Cengkareng Jakarta Barat, “Penerapan
Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota Sks Mengajar
Dosen,” Mar. 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muh Nur Ichsan Patahillah, Irawati Irawati, Lutfi Budi Ilmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Literatur Informatika dan Komputer
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer
Website : https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/LINIER/
Email : linier@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0