Perancangan Augmented Reality Pada Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan Menggunakan Metode Marker Objek Tracking
Karim Abdullah(1*); Herman Herman(2); Lilis Nur Hayati(3);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractAbstrak
Mengeksplorasi kekayaan budaya Sulawesi Selatan, terutama dalam konteks alat musik tradisional, sambil mengidentifikasi tantangan dalam menyampaikan warisan ini kepada masyarakat umum di luar ruang museum. Dengan fokus pada pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) dan metode marker object tracking, penelitian ini bertujuan untuk memperluas akses terhadap keindahan dan kompleksitas alat musik tradisional Sulawesi Selatan. Implementasi AR diharapkan dapat memberikan pengalaman visual yang mendalam, mengatasi batasan fisik ruang museum, dan memperkaya pemahaman serta apresiasi masyarakat terhadap kekayaan budaya yang tersembunyi. Penelitian ini, melalui pendekatan inovatif, berupaya mengatasi kendala dalam menyajikan kebudayaan Sulawesi Selatan kepada khalayak lebih luas. Menggali kekayaan budaya Sulawesi Selatan melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) diharapkan tidak hanya dapat memberikan akses yang lebih luas terhadap warisan, tetapi dapat membuka pintu menuju pemahaman yang lebih dalam dan inklusif bagi generasi masa kini dan mendatang. Hasil pengujian beta aplikasi Augmented Reality untuk alat musik tradisional Sulawesi Selatan menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sebesar 81%, menandai sukses besar dalam menghadirkan warisan budaya secara virtual. KeywordsBudaya; Augmented Reality; museum; Sulawesi Selatan
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 4 timesPDF view: 6 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/linier.v1i2.2496 |
Cite |
References
N. Rianto, A. Sucipto, and R. Dedi Gunawan, “Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung
Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SDN 1 Rangai Tri Tunggal
Lampung Selatan),” 2021. [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
I. Sri Devi Sitorus et al., “Memahami Kekayaan Warisan Musik Melayu: Alat Musik Tradisional dan
Fungsinya,” Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, vol. 1, no. 3, pp. 3233–3241, 2024, [Online].
Available: https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Kadek Surya Adi Saputra, Gusti Ayu Widari Upadani, and Gusti Ngurah Aditya Krisnawan,
“Pengembangan Media Pembelajaran Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android,” Jurnal
Komputer dan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 52–63, May 2023, doi:
https://doi.org/10.53842/juki.v5i1.169.
V. Utami Asri et al., “Perancangan Game Edukasi Palamas Indonesia Untuk Mengenalkan Alat Musik
Tradisional,” Jurnal Komputer Antartika, vol. 1, no. 2, p. 2023, Jun. 2023, doi:
https://doi.org/10.70052/jka.v1i2.9.
D. P. Alamsyah, J. M. Parulian, and A. Herliana, “Augmented reality android based: Education of
modern and traditional instruments,” Procedia Comput Sci, vol. 216, pp. 266–273, 2023, doi:
1016/j.procs.2022.12.136.
Agung Riskiyanto and Muhamad Fuat Asnawi, “Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran Alat Musik
Tradisional Gamelan Jawa Berbasis,” NUansa: Jurnal Penelitian, Pengabdian Dan Kajian Keislaman,
pp. 82–89, 2023.
Renold, B. Marannu Eppang, M. Arya Djamaluddin, and Darmayasa, “Transformasi Museum Kota
Makassar Melalui Pengembangan Aktivitas Interpretasi Berbasis Edukasi,” Jambura Journal of
Educational Management, vol. 4, no. 2, pp. 395–423, Sep. 2023, doi:
https://doi.org/10.37411/jjem.v4i2.2742.
H. Ruwaidah, H. Hasniah, N. M. Kynanti, and T. Cardiah, “Kearifan Lokal Arsitektur Nusantara
Sulawesi Selatan: Balla Lompoa,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 11, pp. 9173–9178,
Nov. 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i11.2939.
N. C. Gosari and R. Rismayani, “Penerapan Data Mining Dalam Mengelompokkan Kunjungan
Wisatawan Mancanegara Di Prov. Sulawesi Selatan Dengan K-Means Dan SVM,” Jurnal Informatika:
Jurnal Pengembangan IT, vol. 8, no. 3, pp. 174–180, Sep. 2023, doi: 10.30591/jpit.v8i3.4554.
S. Reeves and H. B. Dirgantara, “Implementasi Augmented Reality (AR) Dengan Metode Marker
Untuk Media Pengenalan Informasi Monumen-monumen di Jakarta,” KALBISCIENTIA Jurnal Sains
dan Teknologi, vol. 8, no. 1, pp. 1–7, Jun. 2021, doi: 10.53008/kalbiscientia.v8i1.163.
D. E. Kurniawan, S. Sanora, and K. Fatmawati, “Teknologi Augmented Reality Sebagai Media
Pembelajaran Virtual Museum Airlangga Kota Kediri,” Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kediri,
vol. 1, pp. 273–278, 2022, doi: https://doi.org/10.29407/stains.v1i1.1446.
R. Article and K. Gökhan NALBANT, “Computer Vision in the Metaverse,” Journal of Metaverse,
vol. 1, no. 1, pp. 9–12, Dec. 2021.
I. Irwan, S. Fikar, W. Surachmad, and L. N. Hayati, “Kolaborasi Fish-Net Dan Technology Untuk
Optimalisasi Alat Tangkap Ikan,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 207–214, Aug. 2018, doi:
33096/ilkom.v10i2.318.207-214.
H. Herman, L. Syafie, and D. Indra, “Pengenalan Angka Tulisan Tangan Menggunakan Jaringan
Syaraf Tiruan,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 201–206, Aug. 2018, doi:
33096/ilkom.v10i2.317.201-206.
B. Arifitama, A. Syahputra, and K. B. Y. Bintoro, “Analisis Perbandingan Efektifitas Metode Marker
dan Markerless Tracking pada Objek Augmented Reality,” JURNAL INTEGRASI, vol. 14, no. 1, pp.
–7, Apr. 2022, doi: 10.30871/ji.v14i1.3985.
M. B, S. Anraeni, and H. Herman, “Rancang Bangun Aplikasi Absensi Online Berbasis Face
Recognition Menggunakan Platform Android,” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, vol. 3,
no. 1, pp. 7–16, Feb. 2022, doi: 10.33096/busiti.v3i1.949.
H. Herman, L. Syafie, T. Tasmil, and M. Resha, “Rabin-carp Implementation in Measuring Simalirity
of Research Proposal of Students,” Journal of Information Technology and Its Utilization, vol. 3, no.
, p. 9, Aug. 2020, doi: 10.30818/jitu.3.1.3210.
D. Anggreani, H. Herman, and W. Astuti, “Kinerja Metode Naïve Bayes dalam Prediksi Lama Studi
Fakultas Ilmu Komputer,” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol.
, no. 2, pp. 107–111, 2018.
T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, and M. Wulandari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan
Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Languange),” Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan
Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, Feb. 2022.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Karim Abdullah, Herman Herman, Lilis Nur Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Literatur Informatika dan Komputer
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer
Website : https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/LINIER/
Email : linier@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0