Perancangan Augmented Reality Pada Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan Menggunakan Metode Marker Objek Tracking


Karim Abdullah(1*); Herman Herman(2); Lilis Nur Hayati(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Abstrak
Mengeksplorasi kekayaan budaya Sulawesi Selatan, terutama dalam konteks alat musik tradisional, sambil
mengidentifikasi tantangan dalam menyampaikan warisan ini kepada masyarakat umum di luar ruang museum. Dengan
fokus pada pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) dan metode marker object tracking, penelitian ini bertujuan
untuk memperluas akses terhadap keindahan dan kompleksitas alat musik tradisional Sulawesi Selatan. Implementasi AR
diharapkan dapat memberikan pengalaman visual yang mendalam, mengatasi batasan fisik ruang museum, dan
memperkaya pemahaman serta apresiasi masyarakat terhadap kekayaan budaya yang tersembunyi. Penelitian ini, melalui
pendekatan inovatif, berupaya mengatasi kendala dalam menyajikan kebudayaan Sulawesi Selatan kepada khalayak lebih
luas. Menggali kekayaan budaya Sulawesi Selatan melalui pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) diharapkan
tidak hanya dapat memberikan akses yang lebih luas terhadap warisan, tetapi dapat membuka pintu menuju pemahaman
yang lebih dalam dan inklusif bagi generasi masa kini dan mendatang. Hasil pengujian beta aplikasi Augmented Reality
untuk alat musik tradisional Sulawesi Selatan menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sebesar 81%, menandai sukses
besar dalam menghadirkan warisan budaya secara virtual.

Keywords


Budaya; Augmented Reality; museum; Sulawesi Selatan

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 4 times
PDF view: 6 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/linier.v1i2.2496
  

Cite

References


N. Rianto, A. Sucipto, and R. Dedi Gunawan, “Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung

Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SDN 1 Rangai Tri Tunggal

Lampung Selatan),” 2021. [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

I. Sri Devi Sitorus et al., “Memahami Kekayaan Warisan Musik Melayu: Alat Musik Tradisional dan

Fungsinya,” Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, vol. 1, no. 3, pp. 3233–3241, 2024, [Online].

Available: https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Kadek Surya Adi Saputra, Gusti Ayu Widari Upadani, and Gusti Ngurah Aditya Krisnawan,

“Pengembangan Media Pembelajaran Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android,” Jurnal

Komputer dan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 52–63, May 2023, doi:

https://doi.org/10.53842/juki.v5i1.169.

V. Utami Asri et al., “Perancangan Game Edukasi Palamas Indonesia Untuk Mengenalkan Alat Musik

Tradisional,” Jurnal Komputer Antartika, vol. 1, no. 2, p. 2023, Jun. 2023, doi:

https://doi.org/10.70052/jka.v1i2.9.

D. P. Alamsyah, J. M. Parulian, and A. Herliana, “Augmented reality android based: Education of

modern and traditional instruments,” Procedia Comput Sci, vol. 216, pp. 266–273, 2023, doi:

1016/j.procs.2022.12.136.

Agung Riskiyanto and Muhamad Fuat Asnawi, “Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran Alat Musik

Tradisional Gamelan Jawa Berbasis,” NUansa: Jurnal Penelitian, Pengabdian Dan Kajian Keislaman,

pp. 82–89, 2023.

Renold, B. Marannu Eppang, M. Arya Djamaluddin, and Darmayasa, “Transformasi Museum Kota

Makassar Melalui Pengembangan Aktivitas Interpretasi Berbasis Edukasi,” Jambura Journal of

Educational Management, vol. 4, no. 2, pp. 395–423, Sep. 2023, doi:

https://doi.org/10.37411/jjem.v4i2.2742.

H. Ruwaidah, H. Hasniah, N. M. Kynanti, and T. Cardiah, “Kearifan Lokal Arsitektur Nusantara

Sulawesi Selatan: Balla Lompoa,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 11, pp. 9173–9178,

Nov. 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i11.2939.

N. C. Gosari and R. Rismayani, “Penerapan Data Mining Dalam Mengelompokkan Kunjungan

Wisatawan Mancanegara Di Prov. Sulawesi Selatan Dengan K-Means Dan SVM,” Jurnal Informatika:

Jurnal Pengembangan IT, vol. 8, no. 3, pp. 174–180, Sep. 2023, doi: 10.30591/jpit.v8i3.4554.

S. Reeves and H. B. Dirgantara, “Implementasi Augmented Reality (AR) Dengan Metode Marker

Untuk Media Pengenalan Informasi Monumen-monumen di Jakarta,” KALBISCIENTIA Jurnal Sains

dan Teknologi, vol. 8, no. 1, pp. 1–7, Jun. 2021, doi: 10.53008/kalbiscientia.v8i1.163.

D. E. Kurniawan, S. Sanora, and K. Fatmawati, “Teknologi Augmented Reality Sebagai Media

Pembelajaran Virtual Museum Airlangga Kota Kediri,” Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kediri,

vol. 1, pp. 273–278, 2022, doi: https://doi.org/10.29407/stains.v1i1.1446.

R. Article and K. Gökhan NALBANT, “Computer Vision in the Metaverse,” Journal of Metaverse,

vol. 1, no. 1, pp. 9–12, Dec. 2021.

I. Irwan, S. Fikar, W. Surachmad, and L. N. Hayati, “Kolaborasi Fish-Net Dan Technology Untuk

Optimalisasi Alat Tangkap Ikan,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 207–214, Aug. 2018, doi:

33096/ilkom.v10i2.318.207-214.

H. Herman, L. Syafie, and D. Indra, “Pengenalan Angka Tulisan Tangan Menggunakan Jaringan

Syaraf Tiruan,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 201–206, Aug. 2018, doi:

33096/ilkom.v10i2.317.201-206.

B. Arifitama, A. Syahputra, and K. B. Y. Bintoro, “Analisis Perbandingan Efektifitas Metode Marker

dan Markerless Tracking pada Objek Augmented Reality,” JURNAL INTEGRASI, vol. 14, no. 1, pp.

–7, Apr. 2022, doi: 10.30871/ji.v14i1.3985.

M. B, S. Anraeni, and H. Herman, “Rancang Bangun Aplikasi Absensi Online Berbasis Face

Recognition Menggunakan Platform Android,” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, vol. 3,

no. 1, pp. 7–16, Feb. 2022, doi: 10.33096/busiti.v3i1.949.

H. Herman, L. Syafie, T. Tasmil, and M. Resha, “Rabin-carp Implementation in Measuring Simalirity

of Research Proposal of Students,” Journal of Information Technology and Its Utilization, vol. 3, no.

, p. 9, Aug. 2020, doi: 10.30818/jitu.3.1.3210.

D. Anggreani, H. Herman, and W. Astuti, “Kinerja Metode Naïve Bayes dalam Prediksi Lama Studi

Fakultas Ilmu Komputer,” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, vol.

, no. 2, pp. 107–111, 2018.

T. Arianti, A. Fa’izi, S. Adam, and M. Wulandari, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan

Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Languange),” Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan

Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, Feb. 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Karim Abdullah, Herman Herman, Lilis Nur Hayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Literatur Informatika dan Komputer

Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/LINIER/
Email : linier@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0