SISTEM TRACER STUDY ALUMNI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ON-LINE ANALITYCAL PROCESSING (OLAP)


Aminurlah Syam(1*); Abdul Rachman Manga(2);

(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Muslim Indonesia
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penyimpanan data secara rutin dan terus menerus data alumni Fakultas Ilmu Komputer dapat menimbulkan penumpukan data. Seperti data quesioner alumni yang menjadi salah satu masalah dalam melakukan inputan dikarenakan terkendala jarak. Selama ini pihak fakultas harus mecari data alumni yang telah bekerja atau berada diluar daerah. Sistem yang berbasis website tersebut akan menggunakan data warehouse dan penerapan metode Online Analitycal Processing (OLAP) yang nantinya akan berfungsi sebagai laporan dari data alumni dalam bentuk grafik. Dalam penelitiannya ini data warehouse dirender kedalam metode OLAP yang menghasilkan laporan dalam bentuk grafik. Sistem berbasis website juga memudahkan staff kemahasiswaan dan alumni dalam melakukan inputan karena bisa dilakukan dimanapun dengan adanya koneksi internet

Keywords


data alumni; data warehouse; olap

  
     

Article Metrics

Abstract view: 1282 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 926 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i1.114.86-90
  

Cite

References


Hidayati. 2014. Analisis Perancangan Sistem Informasi Tracer Tudy Berbasis Web Menggunakan Codeigniter. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Reddy, G.S., Srinivasu, R., Rao, M.P.C., Rikkula, S.R., 2010. International Journal on Computer Science and Engineering.Data Warehousing, Data Mining, OLAP and OLTP Technologies areEssential Elements to Support Decision-Making Process inIndustries, 02 (09), pp.2865-2873.

Sulianta, Feri, 2011. OLAP Excel Cara Hebat Excel Mengelola Data. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Ndoloe. 2012. Rancang Bangun Sistem Informasi Lulusan Dengan Metode Online Analitycal Processing (OLAP) Pada Politeknik Negeri Kupang. Semarang: Proram Studi Magister Sistem Informasi Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Puspitasari. 2012. Sistem Informasi Tracer Study Dengan Metode Olap Pada Stimik Amikom Yogyakarta. yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika Dan Computer Amikom Yoyakarta.

Suryanto, dwi. 2009. Pengembangan Data Warehouse Dan Aplikasi Olap Data Tracer Study Alumni IPB Berbasis Web Menggunakan Microsoft Business Intelegence.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Aminurlah Syam, Abdul Rachman Manga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.