RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN DATA KULIAH KERJA LAPANG PLUS MEMANFAATKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL


Junaedy Junaedy(1*); Abdul Munir(2);

(1) STMIK KHARISMA Makassar
(2) STMIK KHARISMA Makassar
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun suatu sistem untuk pengelolaan data Kuliah Kerja Lapang Plus (KKLP) berbasis web memanfaatkan framework CodeIgniter dengan menggunakan metode waterfall. Sistem ini dibuat dengan berbasis web untuk dapat memudahkan berbagai pihak yang terkait dalam mengakses sistem ini. Pemanfaatan framework CodeIgniter, yang merupakan salah satu konsep penerapan Model View Controller (MVC) akan memudahkan dalam membangun sistem ini. Penggunaan metode waterfall akan membuat setiap tahapan dalam pembuatan sistem ini menjadi lebih terstruktur. Penelitian ini akan dilakukan dengan mengambil studi kasus pengelolaan KKLP pada kampus STMIK KHARISMA Makassar. Sistem yang selama ini sudah berjalan pada kampus tersebut masih belum menggunakan sistem komputerisasi dengan data digital yang terpusat. Penggunaan komputer hanya terbatas untuk mencetak dokumen-dokumen yang diperlukan dalam prosesnya. Sistem ini nantinya diharapkan dapat menggantikan sistem yang lama sehingga dapat membantu pihak STMIK KHARISMA Makassar dan dapat menjadi referensi buat pihak lain dalam melalukan pengelolaan data KKLP.


Keywords


Kuliah Kerja Lapang Plus; waterfall; PHP; CodeIgniter

  
     

Article Metrics

Abstract view: 926 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 759 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.141.203-210
  

Cite

References


Indrianto, A. M. (2010). Penerapan Codeigniter Framework Dalam Perkembangan Sistem Informasi Sidang Keliling. Jakarta: UIN.

Jogiyanto, H. (2008). Analisis dan Desain Sistem. Yogyakarta: Andi.

Kusrini. (2007). Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta: Andi.

Tocharman, M. (2005). Magang Kewirausahaan pada Industri Keramik Sebagai Model Pembelajaran Kolaborasi dalam Meningkatkan Kompetensi Akademis Mahasiswa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Junaedy Junaedy, Abdul Munir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.