RANCANG BANGUN PROTOTYPE ROBOT LENGAN MENGGUNAKAN FLEX SENSOR DAN ACCELEROMETER SENSOR PADA LAB MIKROKONTROLER STMIK MUSIRAWAS

M. Agus Syamsul Arifin

Abstract


Perkembangan teknologi khususnya dunia Robotika yang pesat membawa dunia menuju sebuah zaman dimana pada beberapa aspek pekerjaan mulai digantikan dengan robot. Dalam berbagai kasus robot menjadi pilihan utama karena dapat mengurangi cost pengeluaran bagi perusahaan, selain itu hasil pekerjaan yang dilakukan oleh robot lebih presisi dan lebih detail dengan waktu pengerjaan yang lebih singkat dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia. Beberapa kasus kombinasi Manusia dan Robot menjadi solusi untuk permasalahan yang khusus yagn tidak bias dilakukan hanya dengan menggunakan robot saja. Penelitian ini membangun sebuah prototype robot lengan yang di kendalikan menggunakan Flex sensor dan  Accelerometer sensor untuk menggerakkan lengan dan menggunakan smartphone dan Bluetooth untuk mengendalikan arah laju robot. Kontrol manusia dilakukan untuk lebih fleksibel dalam menyelesaikan pekerjaan dimana akan sangat sulit jika hanya mengandalkan robot saja disini manusia mengendalikan robot untuk memindahkan barang di tempat yang belum ditentukan titik pemindahannya. Pengedalian menggunakan flex sensor dan accelerometer mempermudah pengendalian lengan robot agar lebih presisi dalam penerapannya.


Keywords


Flex Sensor, Accelerometer Sensor, Mikrokontroler, Arduino

Full Text:

PDF

References


Kadir Abdul. Buku Pintar Pemrograman Arduino. Yogyakarta, Mediakom, 2014, pp. 16 – 17.

Maria V, “Rancang Bangun Jari Tangan Robot Mengikuti Pergerakan Jari Tangna Manusia”, Oktober 2014, SPPH-ILKOM, STMIK Global Informatika MDP, Palembang.

Abdullah. “Penggunaan Sensor Keseimbangan Accelerometer dan Halangan Ultrasonic Pada Aplikasi Robot Berkaki Dua”, Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika, Vol. 1, No. 2, ISSN : 2541-2019, pp. 17 – 22, April 2017, Sekolah Tinggi Teknik Poliprofesi Medan, Medan.

Handle Y. Jayant, Malausare Niket, Dkk, “Design for Robotic Hand Using Flex-sensor”, International Journal of Advanced Research in Electronics and Communication Engineering (IJARECE), Vol 4 Issue 12, ISSN : 2278 – 909X, December 2015, India.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.152.255-261

Article Metrics

This article has been viewed : 359 times
PDF files viewed : 351 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
ILKOM Jurnal Ilmiah work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.