MENENTUKAN PEMENANG KONVENSI QUALITY IMPROVEMENT CIRCLE DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING


Deni Kurniawan(1*); Arif Budimansyah Purba(2); Dedih Dedih(3);

(1) STMIK Kharisma Karawang
(2) STMIK Kharisma Karawang
(3) STMIK Kharisma Karawang
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pengambilan keputusan untuk menentukan pemenang dalam suatu konvensi atau kompetisi merupakan suatu hal yang cukup sulit dilakukan secara konvensional. Kesulitan akan semakin terasa dengan bertambahnya alternatif dan kriteria yang dimasukkan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan salah satu solusi dalam mengatasi kesulitan tersebut. SPK adalah sekumpulan prosedur berbasis model untuk data pemrosesan dan penilaian guna membantu para manager mengambil keputusan. SPK akan melakukan perhitungan dan menampilkan hasil berupa rekomendasi siapa pemenang dalam konvensi tersebut. Ada 2 metode yang diusulkan dalam penelitian kali ini yaitu Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP). Dari metode-metode tersebut akan dilakukan perbandingan metode mana yang lebih baik untuk diterapkan dalam SPK menentukan pemenang konvensi Quality Improvement Circle (QIC) yang dilaksanakan di sebuah perusahaan. Dalam pengembngan SPK digunakan metode pengembangan sistem atau System Development Life Cycle (SDLC)Waterfall. Metode SAP dan WP dapat digunakan dalam SPK konvensi QIC dan hasil SAW bernilai tetap sedangkan metode WP memiliki nilai akhir yang berubah sesuai banyaknya alternatif.


Keywords


SPK; QIC; SAW; WP; Waterfall

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 547 times
PDF view: 528 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.207.1-10
  

Cite

References


Turban, E. 2005. Decision Support System and Inteligent System, seventh edition, diterjemahkan oleh Tim Penerjemah ANDI, Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas, edisi 7, Jilid I dan II, Yogyakarta: ANDI.

Adriyendi. 2015. Multi-Attribute Decision Making Using Simple Additive Weighting and Weighted Product in Food Choice, International Journal Information Engineering and Electronic Business 8-14, MECS.

Satzinger J., Jackson R., Burd S. 2007. System Analysis and Design in a Changing World, fourth edition, Boston: Course Techonogy.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Deni Kurniawan, Arif Budimansyah Purba, Dedih Dedih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.