Perancangan Sistem Informasi Pemasaran dan Penjulan Berbasis Smartphone (Android) pada Depot Air Minum

Andi Muhammad Lukman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Merancang Perancangan Sistem Informasi Pemasaran dan Penjualan Berbasis Smartphone (Android) pada Depot Air Minum. (2) Mengimplementasikan Sistem Informasi Pemasaran dan Penjualan Berbasis Smartphone (Android) pada Depot Air Minum. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Agustus 2015 dengan lokasi penelitian di Depot Air Minum yang berlokasi di Pekkae Kec. Tanete Rilau Kab. Barru. Proses penjualan air minum pada Depot ini, masih menggunakan cara manual dan mengalami banyak kendala dalam pengolahan data seperti transaksi, perhitungan bonus karyawan dan pembuatan laporan penjualan. Oleh karena itu, penulis mencoba merancang sistem informasi dengan database terstruktur yang diharapkan mampu mengakomodir seluruh aktifitas bisnis dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP, MySQL, CSS, dan Java Scrip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi dapat memudahkan dalam mengelola data pelanggan, data transaksi, penghitungan bonus bagi karyawan dan pemesanan air minum serta memudahkan dalam pembuatan laporan.

Keywords


Sistem Informasi Pemasaran, Penjualan , Website, dan Smartphone (Android)

References


Jogiyanto, H.M. (2005), Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Davis, Gordon. 1996. KerangkaDasar: SistemInformasiManajemen. Jakarta: PustakaBinamanPresindo

Sutabri, Tata. 2005. SistemInformasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Marlinda. 2004. PerancanganSistem Database. Yogyakarta: Andi Offset

Kadir, Abdul (2003), PengenalanSistemInformasi. Yogyakarta: Andi.

Pardosi, Mico. 2006. Php Dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset

Peranginangin, Kasiman. 2006. Relational Database Managemen. Yogyakarta: Andi Offset

Kotler, Philip. (2000). ManajemenPemasaran di Indonesia.Analisis, Perencanaan, ImplementasidanPengendalian. SalembaEmpat. Jakarta

Assauri, 2004. PemasaranBarang Dan Jasa. Jakarta: Rajagrafindo.

William & J. Stanton. 2005. Marketing Mix. Jakarta: KawanPustaka




DOI: https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.21.44-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
ILKOM Jurnal Ilmiah work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.