Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN I Dekai Kabupaten Yahukimo


Yusri Yusri(1*);

(1) Fakultas Teknik UPRI Makassar
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penggunaan media Teknologi Informasi Komunikasi peserta didik, Untuk mengetahui tingkat penguasaan media Teknologi Informasi Komunikasi para pendidik dalam memotivasi Peserta didik dan Untuk mengetahui hubungan penggunaan media Teknologi Informasi Komunikasi dengan motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri I Dekai Kabupaten Yahukimo. Hasil penelitian menunjukkan Bahwa penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Peserta didik berada pada kategori tinggi.  (66,67%). Artinya bahwa penggunaan TIK memiliki manfaat yang sangat besar terhadap peningkatan penguasaan media internet para pendidik dalam memotivasi Peserta didik kelas X SMA Negeri I Dekai Kabupaten Yahukimo. Bahwa tingkat prestasi belajar bahasa inggris Peserta didik berada pada kategori tinggi. (53,34%) artinya bahwa selama ini peningkatan penguasaan media internet para pendidik dalam memotivasi Peserta didik kelas X SMA  Negeri I Dekai Kabupaten Yahukimo adalah dengan gairah, semangat, dan keinginan untuk mempelajari media Teknologi Informasi Komunikasi tersebut. Penggunaan TIK mempunyai hubungan yang kuat dengan peningkatan penguasaan media internet para pendidik dalam memotivasi Peserta didik.  Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi R = 0,861 (mendekati nilai angka 1). Artinya semakin diterpa penggunaan TIK pada mata pelajaran Bahasa Inggris maka semakin kuat peningkatan penguasaan media internet para pendidik dalam memotivasi Peserta didik kelas X SMA Negeri I Dekai Kabupaten Yahukimo tersebut.


Keywords


Manfaat media TIK, prestasi belajar

  
     

Article Metrics

Abstract view: 477 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 4558 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.22.49-56
  

Cite

References


Budiman, Arif. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sunaryo. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komunikator Dan Komunikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, Onong Uchajana, 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet. 13.

Vaza. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi Dan Teknologi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sadiman. 1993, “Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia.“ Bandung: Pusat Penelitian informatika - LIPI.

Petherbridge & Chapmen. 2007. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Murhani, Poewadarmita. 2003. Rahasia Sukses Membangun ESQ Dan Prestasi Belajar. Jakarta: Arga.

Suryabrata. 2003. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Sahabuddin. 1999. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rajawali Press.

Darmawati & Mudjijana. 2008. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1996. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suharsimi, Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Yusri Yusri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ILKOM Jurnal Ilmiah indexed by

doaj_logoCROSSREF_logoROAD_logoPKP_Index_logoGoogle_Scholar_logosinta_logogaruda_logoonesearch_logoBASE_logoWordcat_logo

___________________________________________________________
ILKOM Jurnal Ilmiah
ISSN 2548-7779
Published by Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia
W : https://fikom.umi.ac.id/
E : jurnal.ilkom@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0