Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN I Dekai Kabupaten Yahukimo

Yusri Yusri

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penggunaan media Teknologi Informasi Komunikasi peserta didik, Untuk mengetahui tingkat penguasaan media Teknologi Informasi Komunikasi para pendidik dalam memotivasi Peserta didik dan Untuk mengetahui hubungan penggunaan media Teknologi Informasi Komunikasi dengan motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri I Dekai Kabupaten Yahukimo. Hasil penelitian menunjukkan Bahwa penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Peserta didik berada pada kategori tinggi.  (66,67%). Artinya bahwa penggunaan TIK memiliki manfaat yang sangat besar terhadap peningkatan penguasaan media internet para pendidik dalam memotivasi Peserta didik kelas X SMA Negeri I Dekai Kabupaten Yahukimo. Bahwa tingkat prestasi belajar bahasa inggris Peserta didik berada pada kategori tinggi. (53,34%) artinya bahwa selama ini peningkatan penguasaan media internet para pendidik dalam memotivasi Peserta didik kelas X SMA  Negeri I Dekai Kabupaten Yahukimo adalah dengan gairah, semangat, dan keinginan untuk mempelajari media Teknologi Informasi Komunikasi tersebut. Penggunaan TIK mempunyai hubungan yang kuat dengan peningkatan penguasaan media internet para pendidik dalam memotivasi Peserta didik.  Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi R = 0,861 (mendekati nilai angka 1). Artinya semakin diterpa penggunaan TIK pada mata pelajaran Bahasa Inggris maka semakin kuat peningkatan penguasaan media internet para pendidik dalam memotivasi Peserta didik kelas X SMA Negeri I Dekai Kabupaten Yahukimo tersebut.


Keywords


Manfaat media TIK, prestasi belajar

References


Budiman, Arif. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sunaryo. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komunikator Dan Komunikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, Onong Uchajana, 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet. 13.

Vaza. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi Dan Teknologi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sadiman. 1993, “Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia.“ Bandung: Pusat Penelitian informatika - LIPI.

Petherbridge & Chapmen. 2007. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Murhani, Poewadarmita. 2003. Rahasia Sukses Membangun ESQ Dan Prestasi Belajar. Jakarta: Arga.

Suryabrata. 2003. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Sahabuddin. 1999. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rajawali Press.

Darmawati & Mudjijana. 2008. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1996. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suharsimi, Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.22.49-56

Article Metrics

This article has been viewed : 321 times
PDF (Bahasa Indonesia) files viewed : 2942 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
ILKOM Jurnal Ilmiah work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.