PENINGKATAN KUALITAS CITRA DENGAN METODE FUZZY POSSIBILITY DISTRIBUTION


Sugiarti Sugiarti(1*);

(1) Computer Science - Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Peningkatan kualitas citra merupakan salah satu proses awal dalam peningkatan  mutu citra. Peningkatan mutu citra diperlukan karena seringkali citra yang dijadikan objek pembahasan mempunyai kualitas yang buruk, misalnya citra mengalami derau, kabur [2].Pada penelitian ini, peningkatkan kualitas citra menggunakan teknik  image enhancement, berupa proses perbaikan citra dengan meningkatkan kualitas citra baik kontras maupun kecerahan.Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan kualitas citra menggunakan pendekatan logika fuzzy dengan menggunakan 5 parameter, yaitu α, β1, γ, β2 dan max. Penggunaan metode fuzzy possibility bertujuan menurunkan tingkat keabuan pixel yang memiliki nilai keabuan di antara β1 dan β2. Pada penelitian ini dilakukan peningkatan kualitas citra, sehingga tampilan objek lebih terang dan jelas sehingga dapat memudahkan proses segmentasi yaitu pemisahan objek yang akan diteliti dengan background.

 


Keywords


kualitas; citra; fuzzy possibility; pixel; segmentasi

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 1441 times
PDF view: 671 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.226.100-104
  

Cite

References


Nur Wakhidah. 2012. Perbaikan Kualitas Citra Menggunakan Metode Contrast Stretching (Improvement of image quality using a method Contrast Stretching). Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang.

Harvei Desmon Hutahaean. 2010. Teknik Penajaman Citra Digital Dengan Menggunakan Metode Contrast Streching.STMIK Budi Darma Medan.

Rinaldi Munir. 2010. Pengantar Pengolahan Citra. ITB.

Mukhamad Nurkamid dan Sutejo. 2012. Metode Kecerahan Citra Kontras Citra Dan Penajaman Citra Untuk Peningkatan Mutu Citra.

M. N. . Fachrurrozie, B. Amaliah, dan I. Arieshanti. 2010. Diagnosa Awal Citra Melanoma Menggunakan Metode Svmboosting.

A. E. Hassanien dan A. Badr. 2003. A Comparative Study on Digital Mamography Enhancement Algorithms on Fuzzy Theory,” Studies In Informatic and Control, vol. Vol. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sugiarti Sugiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.