RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN PENGETAHUAN UBI JALAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE KMSLC


Surianti Surianti(1*); Nur Ain Banyal(2); Syari Rukmana Wahab(3);

(1) AMIK UMEL Mandiri Jayapura
(2) AMIK UMEL Mandiri Jayapura
(3) AMIK UMEL Mandiri Jayapura
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini merupakan penerapan sistem manajemen pengetahuan yang dapat digunakan para petani ubi jalar maupun masyarakat luas yang membutuhkan informasi dan pengetahuan tentang budidaya ubi jalar. Kurangnya informasi dan pengetahuan yang petani dapatkan tentang cara budidaya ubi jalar yang baik dapatkan menurunkan tingkat produksi. Sistem ini diharapkan dapat membantu para petani ubi jalar dalam mencari dan mendapatkan pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan suatu sistem manajemen pengetahuan berbasis web dalam mengolah pengetahuan. Adapun metode yang digunakan yaitu metode knowledge management system life cycle (KMSLC). Hasil dari penelitian ini dapat mendownload pengetahuan sehingga diharapkan dapat membantu penyuluh dalam transfer pengetahuan ke petani dan memudahkan petani untuk memperoleh pengetahuan mengenai budidaya ubi jalar yang tepat.


Keywords


KMSLC; Sistem Manajemen Pengetahuan; Ubi Jalar; web

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 1389 times
PDF view: 814 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.233.73-79
  

Cite

References


Daftar Pustaka

Rukmana, R. 2014. Ubi Jalar Budidaya dan Pascapanen, Kanisius, Jogyakarta Inc.

Tseng, S. 2013. The effects of information technology on knowledge management systems Expert Syst. International journal on computer science and engineering. Vol. 4 No. 4. Jepang.

Awad, E.M dan Ghaziri, H.M. 2012. knowledge Management. International Technology Group. 129–142. Virginia.

Fernandes, B. 2013. Knowledge management System and process. International journal on computer science and engineering. Vol. 3 No. 4. London, Sabherwal.

[Dirbun] Direktorat Jenderal Perkebunan. 2014. Badan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Direktorat jenderal perkebunan, kementerian pertanian. BP3K. Jakarta.

Claire, M. 2014. Knowledge Management and thedynamic nature of knowledge. Journal of the American Society for Information Science and Technology. Vol. 53. Issue 12.1009-1018 Amerika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Surianti Surianti, Nur Ain Banyal, Syari Rukmana Wahab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.