IMPLEMENTASI TEKNOLOGI RFID PADA SISTEM ANTRIAN REKAM MEDIS PASIEN DI RUMAH SAKIT


Musfirah Putri Lukman(1*); Husni Angriani(2);

(1) STMIK KHARISMA MAKASSAR
(2) STMIK Kharisma Makassar
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi waktu antri pasien ketika memproses rekam medis pada pendaftaran rawat jalan di rumah sakit. Untuk tujuan tersebut, maka diusulkan pemanfaatan Radio Frequency Identification (RFID) dimana RFID ini berguna sebagai kode unik pasien. Kode unik tersebut akan menampilkan data pasien secara otomatis sehingga tidak memerlukan waktu pencarian berkas pasien yang dapat menambah waktu antrian pasien. Teknik perancangan sistem pada penelitian ini menggunakan metode prototyping sedangkan teknik pengujian analisis data menggunakan metode analisis uji-T. Pengujian perangkat lunak menggunakan teknik pengujian black box. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sistem mampu mempercepat proses antrian rekam medis pasien pada rumah sakit dengan waktu rata - rata sebesar 3.6 menit dengan selisih waktu 9.4 menit dari waktu rata - rata antrian untuk sistem konvensional sebesar 12.6 menit. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa rata-rata waktu antri sistem RFID lebih singkat daripada waktu antri sistem konvensional sehingga sistem RFID mampu mempersingkat waktu antri pasien untuk proses rekam medis.

Keywords


Radio Frequency Identification (RFID); Antrian; Rekam Medis; Rumah Sakit

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 4134 times
PDF view: 2157 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.246.105-112
  

Cite

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta

Brady, M. dan Loonam, J. 2010. Exploring the Use of Entity-Relationship Diagramming as a Technique to Support Grounded Theory Inquiry. Bradford: Emerald Group Publishing.

Fitrah, R. 2012. Analisis Dan Perancangan Perpustakaan Digital Dan Sistem Otomasi Perpustakaan Sma Negeri 3 Palembang. Palembang: Universitas Bina Darma.

Gustiana, A.R. 2009. Sistem Informasi Persediaan Barang studi kasus pada PT. Insopanel Dunia. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Hamid, 2010, “Pengembangan Sistem Parkir Terkomputerisasi Dengan Otomatisasi Pembiayaan Dan Penggunaan RFID Sebagai Pengenal Untuk Pengguna”, SNAT, I 2010, pp. 2.

Landt, J, 2005. “The History of RFID”, IEEE Potensials, vol. 24, no. 4, pp. 8-11.

Lestari, E. 2011. Sistem Informasi Rekam Medik Pada Rumah Sakit Bersalin Graha Rap Tanjung Balai Karimun. Palembang: Universitas Sriwijaya.

M, Syafii, Membangun aplikasi berbasis PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi, 2004.

Magdalena, 2011. Simulasi Antrian Dengan Menggunakan Metode Monte Carlo. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Maryono, 2005. “Dasar-dasar Radio Frequency Identification (RFID) Yang Berpengaruh Di Perpustakaan”. Media Informasi Vol. XIV No. 20 Th. 2005.

Rosmaini, E. 2010. Perancangan E-Commerce Studio Photo. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Susanti, Roza dan Budi Bakhtiar, “Pengaturan Portal Pada Pengurutan Parkir Mobil dengan Menggunakan RFID dan PC”. Padang: Elektron Vol. 1 No. 2, 2009.

Want, Roy, 2004, “Enabling Ubiquitous Sensing With RFID, Computer”, Vol. 37, No. 4, 2004, pp. 84-86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Musfirah Putri Lukman, Husni Angriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.