APLIKASI REAL-TIME MONITORING KEHADIRAN KARYAWAN TERINTEGRASI DENGAN FINGERPRINT SYSTEM PADA UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU

Hari Aspriyono, Riska Riska

Abstract


Fingerprint semakin luas digunakan di berbagai bidang sebagai perangkat untuk identifikasi kehadiran karyawan di sebuah kantor, perusahaan, sekolah, universitas dan lain sebagainya. Di Universitas Dehasen Bengkulu Fingerprint System telah diimplementasikan namun belum dapat memenuhi kebutuhan luaran yang diinginkan oleh bagian kepegawaian. Dalam penelitian ini, peneliti akan membangun aplikasi real-time monitorning kehadiran karyawan yang terintegrasi dengan fingerprint system sehingga kehadiran karyawan dapat dimonitor secara langsung. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah aplikasi real-time monitoring kehadiran karyawan pada Universitas Dehasen Bengkulu dengan hasil pengujian bahwa secara umum aplikasi dapat berjalan baik dengan yang diharapkan, sedangkan dari hasil pengujian kecepatan sinkronisasi data dari mesin fingerprint ke aplikasi akan berjalan baik (cepat) jika data yang ada pada mesin fingerprint adalah data terbaru maksimal 1 bulan terakhir, untuk itu perlu adanya backup data yang telah lebih dari 1 bulan pada mesin fingerprint.


Keywords


real-time, monitoring, attendance, employee, fingerprint system

Full Text:

PDF

References


Y. Adhawiyah, N. Kumaladewi, and M. Caturutami, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Psycological Appraisal,” Stud. Inform. J. Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 119–126, 2017.

L. B. Hasiolan, A. Fathoni, and D. Kota, “Pengaruh Mekanisme Finger Print , Prosedur Finger Print , Pencapaian Target Finger Print Terhadap Kedisiplinan Pegawai Di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” J. Manage., vol. 2, no. 2, 2016.

David Naista, Bikin Framework PHP Sendiri Dengan Teknik OOP & MVC. Yogyakarta: Lokomedia, 2016.

B. Raharjo, Belajar Otodidak MySQL (Teknik Pembuatan dan Pengelolaan Database). Bandung: Informatika, 2015.

C. F. A. Sari and L. Yulianto, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Menggunakan Finger Print di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penanaman Modal Kabupaten Pacitan,” Semin. Ris. Unggulan Nas. Inform. dan Komput. FTI UNSA, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/ilkom.v10i3.352.260-266

Article Metrics

This article has been viewed : 123 times
PDF files viewed : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Visitor
 
Free counters!

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.