Pengembangan Sistem Manajemen Database dan Pengambilan Keputusan kriteria Penduduk Miskin Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan timur

Ummul Hairah

Abstract


Masalah terpenting dalam penanggulangan kemiskinan  adalah bagaimana mendapatkan data kemiskinan yang ideal sementara di satu sisi terdapat beberapa versi kriteria kemiskinan yang dikeluarkan oleh beberapa stakeholder. Untuk itu perlu dirancang suatu sistem manajemen data yang mengintegrasikan beberapa kriteria kemiskinan berbeda tersebut agar dapat menghasilkan data keluarga miskin yang ideal menjadi target program penanggulangan kemiskinan di kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem berbasis website yang dapat digunakan oleh admin untuk melakukan pengelolaan data stakeholder dan kriteria kemiskinan yang ditetapkan, program bantuan penanggulangan kemiskinan, dan data calon penerima bantuan. Selain itu masyarakat umum maupun pihak lain yang membutuhkan juga dapat melihat informasi mengenai kriteria, program bantuan dan data penerima bantuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya system ini, proses pengambilan keptusan warga penerima program bantuan kemiskinan menjadi mudah dan akurat. Semakin banyak indikator yang dimasukkan dalam kriteria program bantuan data keluarga miskin yang dihasilkan akan lebih ideal.


Keywords


pengambilan; keputusan; integrasi; kemiskinan; kriteria

References


Aspar, Samsuri. 2008. Program Santunan Warga Tidak Mampu. Kutai Kartanegara Kaltim.

Badan Pusat Statistik (Statistics Indonesia) 2013. Berita Resmi Statistik Badan Pusat Statistik No.34/07/73/Th. III. Kutai Kartanegara.

BKKBN, Departemen Kesehatan. 2009. Pedoman Pelayanan KB dalam Jaminan KesehatanMasyarakat. Jakarta: BKKBN.

Deny, Wiria Nugraha, 2009, Integrasi Data. Univeritas Singaperbangsa Karawang

Dewanta, Awan Setya. 1995. Kemiskinan dan Kesenjangan di Indonesia, Yogyakarta: Aditya Media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke Empat, Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.4.9-16

Article Metrics

This article has been viewed : 226 times
PDF (Bahasa Indonesia) files viewed : 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
ILKOM Jurnal Ilmiah work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.