Perbandingan Metode SAW dan TOPSIS pada kasus UMKM


Muhammad Aliyazid Mude(1*);

(1) Teknik Informatika Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Dalam pengambilan keputusan terhadap masalah berdasarkan sebuah analisa pribadi yang subjektif tanpa menggunakan metode tertentu, biasanya memiliki tingkat kesalahan yang tinggi sehingga hal ini akan membahayakan pengambilan keputusan yang berujung pada penyesalan. Ada banyak metode Decision Support System (DSS) yang dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan, namun 2 metode yang sering digunakan untuk melakukan proses pengambilan keputusan yakni metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique For Others Referencean by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Karena itu untuk mengetahui yang terbaik dari 2 metode tersebut, maka dilakukan perubahan pembobotan dan hasil pengujian diperoleh kesamaan dalam proses pengembilan keputusan (pemecahan masalah). Sehingga dalam pengambilan keputusan dapat menggunakan salah satu metode SAW atau TOPSIS. Perangkingan 2 metode tersebut akan menentukan lokasi yang strategis untuk meningkatkan omzet usaha percetakan (UMKM).


Keywords


DSS, SAW, TOPSIS, UMKM

  
     

Article Metrics

Abstract view: 3768 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 4754 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i2.49.76-81
  

Cite

References


R. H. Bonczek, C. W. Holsapple, and A. B. Whinston, “Future Directions For Developing Decision Support Systems,” Decis. Sci., vol. 11, no. 4, pp. 616–631, 1980.

E. Turban and J. Aronson, Decision Support Systems and Intelligent Systems. 2005.

D. L. Kurniasih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Metode Topsis,” Pelita Inform. Budi Darma, vol. III, no. April, pp. 6–13, 2013.

A. N. Pramudhita, H. Suyono, and E. Yudaningtyas, “Penggunaan Algoritma Multi Criteria Decision Making dengan Metode Topsis dalam Penempatan Karyawan,” vol. 9, no. 1, pp. 91–94, 2015.

V. Fuspita, A. Vatresia, and D. Andreswari, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Restoran Di Kota Bengkulu Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Berbasis Sistem Operasi Android,” J. Rekursif, vol. 2, no. 1, pp. 45–52, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Muhammad Aliyazid Mude

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.