Pengelompokan Minat Baca Mahasiswa menggunakan Metode K-Means

Widya Safira Azis, Dedy Atmajaya

Abstract


Pengelompokkan minat baca mahasiswa berdasarkan kriteria buku yang dibaca, buku yang dipinjam, dan juga mempertimbangkan jumlah stok buku yang tersedia dapat membantu dalam proses penambahan koleksi buku yang telah ada pada perpustakaan Utsman Bin Affan UMI. Salah satu cara untuk mengelola data tersebut yaitu menggunakan data mining dengan memanfaatkan metode K-Means. Data buku dikelompokkan menjadi 3 cluster yaitu prioritas, dipertimbangkan, dan tidak diprioritaskan dalam perencanaan penambahan koleksi buku. Hasil dari penelitian ini adalah cluster dengan nilai terbesar pada centroid akhir merupakan cluster yang direkomendasikan dalam perencanaan penambahan koleksi buku.


Keywords


clustering, k-means, data, perpustakaan

References


Agusta, Yudi. 2007. “K-Means – Penerapan , Permasalahan dan Metode Terkait”, Jurnal Sistem dan Informatika Vol.3. hal 47-60, Stikom Bali.

C. Larasati Milburga, et.all. 1986. “Membina Perpustakaan Sekolah”, Yogyakarta: Kanisius, hlm. 17

Hasibuan, Zainal A, 2007, Metode Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi : Konsep, Teknik Dan Aplikasi, Jakarta : Fakultas

Ibrahim, Adhi Yusran. 2014. “Penerapan Klasterisasi K-Means Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidikmisi Pada Universitas Muslim Indonesia”. FTI, Teknik Informatika, Universitas Muslim Indonesia.

J. C. Bezdek. 1981. “Pattern Recognition with Fuzzy Objective Function Algorithms”. New York : Plenum Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/ilkom.v8i2.51.89-94

Article Metrics

This article has been viewed : 732 times
PDF (Bahasa Indonesia) files viewed : 824 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Visitor
 
Free counters!

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.