PEMANFAATAN TEKNOLOGI LOCATION BASED SERVICE DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI PROFIL KAMPUS UNIVERSITAS MULAWARMAN BERBASIS MOBILE


Edy Budiman(1*);

(1) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Sistem Layanan Berbasis Lokasi atau lebih dikenal dengan Location Based Service (LBS) adalah layanan informasi berupa informasi geografis yang diakses menggunakan telepon selular melalui koneksi jaringan selular untuk memetakan lokasi secara tepat. Penelitian ini mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk perangkat lunak dalam bentuk aplikasi sebagai media informasi profil Universitas Mulawarman yang dapat diakses dan diinstal secara offline maupun online berbasis mobile dengan memanfaatkan teknologi Location Based Service. Penelitian ini berfokus pada profil kampus dan sistem pencarian Fakultas beserta program studi dan jurusan yang dimiliki , gedung-gedung utama secara visual, prasarana dan sarana diarea kampus utama gunung kelua Universitas Mulawarman dengan titik-titik lokasi dengan memanfaatkan teknologi Application Programming Interface Location Manager (API Maps) dan Location Provider (API Location) dari Google. Perancangan perangkat lunak menggunakan sistem pemodelan Unifield Modeling Language (UML) Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequance Diagram dan Class Diagram. Hasil pengujian dengan memanfaatkan teknologi Location Based Service yang memadukan Geographic Information System, Internet Service, dan Mobile Devices memudahkan dan  memberikan informasi profil dan lokasi fakultas serta fasilitas-fasilitas di Universitas Mulawarman secara mudah, cepat dan akurat.


Keywords


Profil, LBS, Maps API, Mulawarman

  
     

Article Metrics

Abstract view: 3385 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 1876 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i3.81.137-144
  

Cite

References


Budiman E. 2015. Pemanfaatan Tool Mit App Inventor Dalam Pengembangan Sistem Informasi Objek Wisata Berbasis Mobile:Study Kasus Objek Wisata Di Kota Samarinda. ILKOM Jurnal Ilmiah Vol 7 No. 1 April 2015. FIKOM Universitas Muslim Indonesia. Makassar

Imantaka C.H, dkk. 2014. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Peta Interaktif Universitas Kristen Petra Berbasis Android. Jurnal INFRA Vol 1. No. 1. 2014. Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra.Surabaya.

Permadianto W. 2014. Pemetaan Data Spasial Universitas Mulawarman Berbasis Android Dengan Teknologi Location Based Services (LBS). Teknik Informatika UP. FTIKOM Universitas Mulawarman. Samarinda.

Rosdania. dkk. 2015. Sistem Informasi Geografi Batas Wilayah Kampus Universitas Mulawarman Menggunakan Google Maps Api. Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 10 No. 1 Februari 2015. Ilmu Komputer FMIPA Universitas Mulawarman. Samarinda.

Safaat H, Nazruddin, 2013. Berbagai Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Unmul , 2015. Buku Rencana Strategis Bisnis Universitas Mulawarman 2015-2019.

_____ , 2014. Buku Profil Universitas Mulawarman 2014. Mulawarman express. Samarinda


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Edy Budiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.