SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN DANA PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PEDESAAN (PUAP) KEPADA GAPOKTAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)


Amiruddin Amiruddin(1*);

(1) Universitas Ichsan Gorontalo
(*) Corresponding Author

  

Abstract


PUAP bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan pembangunan antar wilayah dan sektor. BP4K sebagai pembina gapoktan mempunyai tugas untuk memberdayakan aktifitas gapoktan dan salah satunya melalui bantuan dana PUAP. Proses penyeleksian penerima bantuan dana PUAP terdapat masalah yang dihadapi, diantaranya sulitnya menentukan Gapoktan yang layak  mendapatkan bantuan dana PUAP dikarenakan banyaknya proposal permintaan dana yang masuk dan banyaknya kriteria yang digunakan sehingga membutuhkan ketelitian dalam proses pengolahan datanya, untuk itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan. Metode yang digunakan adalah SAW. Berdasarkan hasil penelitian sistem tersebut dapat membantu pihak pengambil keputusan dalam menentukan alternatif (gapoktan) terbaik untuk menerima Dana PUAP. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian yang dilakukan dengan metode white box testing dan basis path testing yang menghasilkan nilai yang sama, sehingga didapat bahwa logika  flowchart perhitungan, penilaian dan perankingan yang benar dan berdasarkan pengujian black box rancangan perangkat lunak telah terpenuhi dengan hasil sesuai dengan rancangan.

Keywords


Gapoktan, SAW, PUAP, MADM

  
     

Article Metrics

Abstract view: 794 times
PDF (Bahasa Indonesia) view: 893 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i3.82.153-159
  

Cite

References


Kementerian Pertanian. 2011. Pedoman Umum Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan. Jakarta: Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

BP4K. 2015. Panduan Seleksi Pemberian Dana PUAP 2015. Gorontalo

Kusumadewi, dkk.,2006, Fuzzy Multi-Atribute Decision Making (Fuzzy MADM), Yogyakarta: Graha Ilmu

Turban, dkk, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Yokyakarta : Andi

Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung keputusan, Yokyakarta: Andi.

Jogiyanto, 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yokyakarta: Andi Offset

Pressman, R.S. 2002.Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktis (Buku I), Yogyakarta : Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Amiruddin Amiruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.