Sistem Keamanan Pintu Asrama Berbasis Pengenalan Wajah dengan Algoritma Haar Cascade


Ridwan Suhair Anwar(1*); Tasrif Hasanuddin(2); Syahrul Mubarak Abdullah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Teknologi pada saat ini yang berkembang dengan sangat pesatnya dan merupakan salah satu bidang yang mempunyai peran yang sangat penting dibeberapa aspek kehidupan manusia, termasuk pada bidang security. Saat ini telah banyak dikembangkan sebuah sistem pengamanan akses masuk ke sebuah rumah atau ruangan dengan beberapa verifikasi identitas dengan sistem komputer, baik dengan menggunakan kunci, kartu, password, dan sebagainya. Namun metode ini masih memiliki kekurangan seperti keterbatasan manusia dalam mengingat benda dan kombinasi angka yang menyebabkan tidak dapatnya diakses pintu tersebut. Oleh sebab itu teknik untuk identifikasi ataupun verifikasi yang handal dan akurat dapat di rancang menggunakan teknologi pengenalan dan algoritma haar cascade agar menhasilkakn sistem keamanan yang lebih baik. Berdasarkan masalah yang ada, maka dibangun sebuah alat Sistem keamanan pintu asrama berbasis pengenalan wajah dengan Algoritma Haar Cascade dimana alat tersebut dapat membuka pintu secara otomatis ketika wajah yang di hadapkan ke kamera terdeteksi dan telah terdaftar dalam database maka pintu akan terbuak dan ketika wajah yang terdeteksi oleh kamera tidak terdaftar dalam database makan pintu tidak akan terbuka dan bazzer akan berbuanyi. Algoritma Haar cascade classifier atau yang dikenal dengan nama lain haar-like features merupakan rectangular features (fungsi persegi), yang memberikan indikasi secara spesifik pada sebuah gambar atau image. Prinsip Haar-like features adalah mengenali obyek berdasarkan nilai sederhana dari fitur tetapi bukan merupakan nilai piksel dari image obyek tersebut. Metode ini memiliki kelebihan yaitu komputasinya sangat cepat, karena hanya bergantung pada jumlah piksel dalam persegi bukan setiap nilai piksel dari sebuah image dan dapat bekerja dengan real time. Oleh karena itu dapat diperoleh kesimpulan bahwa alat ini dapat membantu sistem keamanan asrama pasangkayu dalam mengontrol setiap orang yang masuk didalam asrama, apakah dikenali atau tidak.

Keywords


Pasangkayu Dormitory; Security; Verification; Identity; Haar Cascade Algorithm

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 240 times
PDF view: 106 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i3.1197
  

Cite

References


M. F. Mustaqim, A. Nugroho, D. Alfa, and F. Suni, “Sistem Deteksi Kecepatan Kendaraan Menggunakan Metode Haar Cascade untuk Keamanan Berkendara,” Edu Elektr. J., vol. 10, no. 2, pp. 30–34, 2021.

A. B. Lukito, R. Munadi, and Sussi, “Impelementasi Pengenalan Wajah Untuk Keamanan Rumah Berbasis Implementation of Face Recognition for Home Security Based on,” e-Proceeding Eng., vol. 8, no. 4, pp. 3857–3866, 2021.

B. K. Sari, “Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., pp. 87–102, 2017.

P. Kenda and A. Witanti, “Sistem Presensi Berbasis Wajah Dengan Metode Haar Cascade,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 419–429, 2021, doi: 10.24002/konstelasi.v1i2.4305.

F. N. Afandi, R. P. Sinaga, Y. Aprilinda, and F. Ariani, “Implementasi Face Detection Pada Smart Conference Menggunakan Viola Jones,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 10, no. 2, 2019, doi: 10.36448/jsit.v10i2.1320.

A. Adriansyah and O. Hidyatama, “Rancang Bangun Prototipe Elevator menggunakan Microcontroller Arduino Atmega 328P,” J. Teknol. Elektro, vol. 4, no. 3, pp. 100–112, 2013.

Mahfud, I. Maulana, and M. S. Syamsudin, “Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Jarak Jauh untuk Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Server Portable Raspberry Pi 4,” PERISKOP (Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan), vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2020.

Herianto and A. Aditya, “Presensi Karyawan Berpindah Dengan Autentifikasi Wajah Dan Jarak Menggunakan Sistem Template Matching Dan Infrensial Fuzzy,” J. SAINS Teknol., vol. 9, no. 1, 2019.

M. A. Rahman and S. Wasista, “Sistem Pengenalan Wajah Menggunakan Webcam Untuk Absensi Dengan Metode Template Matching,” Researchgate, no. February, pp. 1–6, 2018.

R. Prathivi and Y. Kurniawati, “Sistem Presensi Kelas Menggunakan Pengenalan Wajah Dengan Metode Haar Cascade Classifier,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, pp. 135–142, 2020, doi: 10.24176/simet.v11i1.3754.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.