Implementasi Teknologi Mern Stack dalam Merancang Aplikasi Penjualan Voucher Game Online dengan Metode Extreme Programming (XP)
Alfad Indrawan(1*); Poetri Lestari Lokapitasari(2); Lutfi Budi Ilmawan(3);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPerkembangan Game yang sebelumnya hanya bisa dimainkan secara offline, dengan adanya Game di internet, bisa dimainkan secara online tanpa kendala waktu. Banyak dari mereka menghabiskan waktunya untuk bermain Game dan membeli suatu item yang bertujuan untuk membuat para pemainnya menerima item yang berguna dalam Game tersebut dengan istilah cash in-Game. Nato Store salah satu pelaku bisnis penjualan voucher Game yang dimana masalah utama yang terdapat yaitu pada saat membeli voucher begitu banyak dalam perhari sekiranya 20 orderan lebih sehingga terdapat antrian ketika membeli voucher, sehingga untuk mengatasi permasalahan itu, diperlukan sistem berupa aplikasi penjualan Voucher Game yang lebih efisien dalam memonitoring penjualan ketika ada orderan masuk. Adapun metode yang digunakan yaitu Extreme Programming yang ditujukan untuk dihadapkan dengan requirement yang tidak jelas maupun terjadi perubahan yang sangat cepat. Berdasarkan kuesioner dari 20 responden yang merupakan masyarakat yang hobi bermain Game menggunakan pengujian black box, maka diperoleh pengujian antarmuka 90%, pengujian kinerja 90%, pengujian database 89,6%, pengujian fungsi yang hilang atau rusak 30% dan pengujian inisialisasi/terminasi 90%. Adapun index keseluruhan pada pengujian black box sebesar 82,4%. Hasil yang didapatkan yaitu menghasilkan aplikasi penjualan voucher Game yang dapat digunakan oleh pengguna yang ingin mengisi voucher Game tanpa harus lagi menghubungi admin dari Nato Store selaku penyedia Voucher.
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 279 timesPDF view: 125 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/busiti.v4i2.1660 |
Cite |
References
C. Fajri, “Tantangan Industri Kreatif-Game Online di Indonesia,” J. ASPIKOM, vol. 1, no. 5, p. 443, 2012, doi: 10.24329/aspikom.v1i5.47.
Vit, “Risiko Berbahaya Jika Kamu Beli Diamond Mobile Legend Ilegal, Rugi Bandar!,” https://ggwp.id/, 2020. https://ggwp.id/media/esports/mobile-legends/risiko-diamond-mobile-legend-ilegal (accessed Apr. 10, 2022).
R. Triandy and N. Santoso, “Pengembangan Aplikasi Web Reservasi Paket Wisata menggunakan MERN Stack (Studi Kasus: Zona Tamasya Tour Organizer),” vol. 4, no. 6, pp. 1616–1624, 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
R. Romadhon, “Kerja di Startup: Node Js. atau PHP Developer?,” https://www.softwareseni.co.id/, 2021. https://www.softwareseni.co.id/blog/kerja-di-startup-node-js-atau-php-developer (accessed Apr. 10, 2022).
R. I. Borman, A. T. Priandika, and A. R. Edison, “Implementasi Metode Pengembangan Sistem Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Investasi Peternakan,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, p. 272, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i3.40273.
I. Carolina and A. Supriyatna, “Penerapan Metode Extreme Programming dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota SKS Mengajar Dosen,” J. IKRA-ITH Inform., vol. 3, no. 1, pp. 106–113, 2019.
D. Andika, “Apa itu Extreme Programming ??,” www.it-jurnal.com, 2018. https://www.it-jurnal.com/apa-itu-extreme-programming/ (accessed May 27, 2022).
M. Mehra et al., “Assistant Professor , Computer Science and Engineering , Arya Institute of Engineering & B . Tech Student , Computer Science and Engineering , Arya College of Engineering &,” vol. 25, no. 6, pp. 11756–11761, 2021.
S. Afif and I. K. D. Nuryana, “Rancang Bangun Sistem Informasi Staycation Berbasis Web Dengan Implementasi Teknologi Mern Stack,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 1–12, 2021.
M. P. Widodo, “Pengembangan Aplikasi Pelaporan Progress-Plan- Pengembangan Aplikasi Pelaporan Progress-Plan-,” 2020.
R. Handoyo, L. W. Santoso, and A. Setiawan, “Real-Time BPMN Website Menggunakan Teknologi MERN Stack,” J. Infra, vol. 7, no. 2, pp. 75–80, 2019, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/8758
A. Krismadi, A. F. Lestari, A. Pitriyah, I. W. P. A. Mardangga, M. Astuti, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box berbasis Equivalence Partitions pada Aplikasi Seleksi Promosi Kenaikan Jabatan,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 4, p. 155, 2019, doi: 10.32493/jtsi.v2i4.3771.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.