Implementasi Framework Flutter Pada Rancang Bangun Aplikasi Konsultasi Dokter Hewan
Muhammad Kamil(1*); Poetri Lestari Lokapitasari Belluano(2); Lutfi Budi Ilmawan(3);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractAplikasi konsultasi dokter hewan dirancang untuk memudahkan pemilik hewan dalam melakukan konsultasi atau mengajukan pertanyaan mengenai hewan peliharaan mereka tanpa harus langsung mendatangi dokter hewan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi konsultasi dokter hewan dengan menggunakan metode Prototyping, sebuah pendekatan yang memungkinkan pembuatan model perangkat lunak sederhana untuk memberikan gambaran dasar kepada pengguna tentang program serta melakukan pengujian awal. Pembuatan menggunakan bahasa pemrograman dart dengan framework flutter yang memudahkan pembuatan aplikasi multiplatform. Melalui kuesioner yang disebarkan kepada 20 responden, yang terdiri dari pihak MW Vet Clinic dan pemilik hewan, menggunakan metode pengujian black box, diperoleh hasil bahwa indeks keseluruhan pada pengujian black box mencapai 82,5%. Hasil penelitian ini mencakup pembangunan aplikasi konsultasi dokter hewan berbasis Android yang dapat membantu MW Vet Clinic dalam melakukan konsultasi dengan pemilik hewan tanpa memerlukan kehadiran fisik di Vet Clinic. KeywordsFlutter; Prototyping; Konsultasi Dokter Hewan; Android
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 338 timesPDF view: 221 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/busiti.v4i4.1674 |
Cite |
References
W. Wu, “React Native vs Flutter, cross-platform mobile application frameworks” M.S. thesis, IT., MUAS., Helsinki., FI, 2018.
S. Santoso et al., 2020. Pengembangan Sistem Informasi Tukar Barang untuk Pemanfaatan Barang Tidak Terpakai dengan Flutter Framework. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Vol 6 No 3 pp 589-598.
H. Hermaningsih, N. Kuswardanhi, and K. Hayati, “Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,” IbM Kelompok Usaha Bersama Aneka Cemilan “Dua Putera,” no. 1, pp. 1–45, 2021.
S. Fitriana and Y. M. Kristania, “Perancangan Sistem Informasi Klinik Hewan Berbasis Android,” EVOLUSI : Jurnal Sains dan Manajemen, vol. 9, no. 2, pp. 112–122, 2021, doi: 10.31294/evolusi.v9i2.11413.
S. A. Azaliarahma, E. I. Martyan, A. Rahmadani, and R. T. Dirgahayu, “Pengembangan Aplikasi Konsultasi Online Dan Janji Temu Dokter Hewan Berbasis Android,” Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, 2022, doi: 10.20885/snati.v2i1.17.
R. Hormati, S. Yusuf, and M. Abdurahman, “Sistem informasi Data Poin Pelanggaran Siswa Menggunakan Metode Prototyping Berbasis Web Pada SMA Negeri 10 Kota,” Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 93–103, 2021, doi: 10.47324/ilkominfo.v4i2.128.
D. K. Arsy et al., 2022. Rancang Bangun Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Konsultasi Dokter Hewan Menggunakan Metode Design Sprint. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Vol 9 No 3 pp 2372-2384.
E. I. Martyan et al., 2022. Pengembangan Aplikasi Konsultasi Online dan Janji Temu Dokter Hewan Berbasis Android. Jurnal SNATI. Vol 2 No 1 pp 33-41.
N. Fauziah et al., 2022. Integrasi Payment Gateway untuk Donasi Menggunakan Framework Flutter. Pasinformatik. Vol 1 No 1 pp 30-36.
J. M. Suhendro et al., 2021. Rancang Bangun Aplikasi Seluler Penyedia Jasa Perawatan dan Kecantikan Menggunakan Framework Flutter. Jurnal Spektrum. Vol 8 No 2 pp 68-82.
F. E. Krisnada dan R. Tanone. 2019. Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis Mobile Menggunakan Flutter. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Vol 5 No 3 pp 281-295.
Nelly Sofi and Riza Dharmawan, “Perancangan Aplikasi Bengkel Csm Berbasis Android Menggunakan Framework Flutter (Bahasa Dart),” Jurnal Teknik dan Science, vol. 1, no. 2, pp. 53–64, 2022, doi: 10.56127/jts.v1i2.125.
G. S. Chandra dan S. Tjandra. 2020. Pemanfaatan Flutter dan Electron Framework Pada Aplikasi Inventory dan Pengaturan Pengiriman Barang. Journal Of Information System, Graphics, Hospitality and Technology pp 76-81.
S. D. Putra, T. F. Eldiana, and D. Aryani, “Model Pengembangan Aplikasi Mobile E-Dakwah Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Prototyping,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 116–121, 2020.
P. L. L. Belluano et al., 2020. Sistem Informasi Program Kreativitas Mahasiswa Berbasis Web Service dan Microservice. ILKOM Jurnal Ilmiah. Vol 12 No 1 pp 8-16.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.