Penerapan Metode Rapid Application Development pada Media Pembelajaran Digital Pengenalan Jenis Hewan Berbasis Augmented Reality
Zul Fadly(1*); St. Hajrah Mansyur(2); Farniwati Fattah(3);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPerkembangan tekonologi telah menjadi kekuatan revolusioner pada bidang Pendidikan, membawa perubahan yang signifikan dalam sistem pembelajaran. Penggunaan teknologi khususnya dalam mempelajari tentang pengenalan berbagai jenis hewan dapat memberikan kemudahan pada guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Pengetahuan mengenai berbagai jenis hewan tidak hanya mendukung kurikulum sekolah dasar tetapi juga menumbuhkan rasa ingin tahu dan meningkatkan pemahaman anak-anak tentang lingkungan sekitar mereka. SD Inpres Tamamaung 2 Makassar merupakan salah satu sekolah yang terletak di Kota Makassar kegiatan belajar mengajar pada sekolah ini masih menggunakan metode konvensional, dimana guru masih menjelaskan sesuai buku panduan. Hal ini lebih mudah membuat anak bosan, sehingga menghambat perkembangan kognitifnya. tidak dapat mencapai pemahaman yang mendalam bagi siswa. hal ini silihat berdasarkan hasil pretest yang dilakukan pada siswa kelas 4 SD Inpres Tamamaung 2 Makassar tanggal 27 Januari tahun 2024 menunjukkan hanya 25% dari 24 jumlah siswa yang memahami terkait pengenalan hewan. Berdasarkan permasalahan ini maka dibuatlah sebuah media pembelajaran digital berbasis Augmented Reality dan Rapid Application Development sebagi metode pengembangannya sehingga dapat memfasilitasi pemahaman siswa terhadap jenis-jenis hewan menurut jenis makanannya.etelah dilakukan implementasi media pembelajaran berbasis augmented reality dan diukur berdasarkan hasil posttest yang dilakukan pada tanggal 3 Februari 2024 diperoleh hasil 50% dari 24 jumlah siswa telah memahami tentang pengenalan hewan berdasarkan jenis makannya. Ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 25%.
KeywordsAugmented Reality; Rapid Application Development; Android; Marker Based Tracking; Blackbox
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 131 timesPDF view: 2 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/busiti.v5i1.2164 |
Cite |
References
C. S. Makapedua, D. Wonggo, and ..., “Pengembangan media pembelajaran pengenalan hewan berbasis augmented reality untuk anak usia dini,” … Teknol. Inf. dan …, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/2212
R. S. Ritonga, Z. Syahputra, D. Arifin, and ..., “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Board Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini,” 2022, pdfs.semanticscholar.org. [Online]. Available: https://pdfs.semanticscholar.org/5cbd/9cebab32d0fcad34c93e2d2e73564e90e763.pdf
M. Arifin and F. Trisnawati, “Perancangan Media Edukasi Pengenalan Jenis-Jenis Hewan Berbasis Augmented Reality,” teknologipintar.org, [Online]. Available: http://teknologipintar.org/index.php/teknologipintar/article/view/92
A. Rijali, “Analisis data kualitatif,” Alhadharah J. Ilmu Dakwah, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374
A. N. Rachman and C. M. S. Ramdani, “Aplikasi Media Pengenalan Binatang Dengan Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” 2021.
M. H. Febriansyah, A. P. Kurniawan, and ..., “Aplikasi Macam-macam Hewan Serta Jenis Makanannya Untuk Siswa Paud Berbasis Ar (augmented Reality),” eProceedings …, 2021, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/16822
M. F. Mokodompit, S. D. E. Paturusi, and V. Tulenan, “Augmented Reality applications for learning English in elementary school children,” 2021.
M. A. Sudaryanto, “Aplikasi Pengenalan Fauna yang Dilindungi Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” J-INTECH (Journal Inf. Technol., 2018, [Online]. Available: https://jurnal.stiki.ac.id/J-INTECH/article/view/251
N. Azis, G. Pribadi, and M. S. Nurcahya, “Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android,” IKRA-ITH Inform. …, 2020, [Online]. Available: http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/815
M. Z. Haidar, L. D. Bakti, and ..., “Analisis dan Perancangan Penjualan Kain Tenun (Khas Bima) Berbasis Web Menggunakan Model Rad,” J. Kecerdasan Buatan …, 2022, [Online]. Available: https://ojs.ninetyjournal.com/index.php/JKBTI/article/view/3
R. Octaviani and E. Sutriani, Analisis data dan pengecekan keabsahan data. osf.io, 2019. [Online]. Available: https://osf.io/preprints/inarxiv/3w6qs/
M. S. Lauryn, M. Ibrohim, and P. Purnamasari, “Aplikasi Pengenalan Hewan Bermetamorfosis dengan Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” Jurna Inform. …, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umt.ac.id/index.php/jika/article/view/2758
M. Rizky, A. Kurniawati, and ..., “Perancangan Sistem Informasi Aktivitas Penjualan Dan Monitoring Persediaan Barang Berbasis Web Pada Toko Kiss Secondbrand Menggunakan Metode …,” 2021, … .telkomuniversity.ac.id. [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/viewFile/14650/14427
R. Rosmiati, “Analisis Dan Pengujian Sistem Menggunakan Black Box Testing Equivalence Partitioning: System Analysis And Testing Using Black Box Testing Equivalence …,” J. Sains Komput. dan Teknol. Inf., 2021, [Online]. Available: https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/1932
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.