Perancangan Game Puzzle Labirin menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) berbasis Unreal Engine


Suwahyudi Syarif(1*); Tasrif Hasanuddin(2); Mardiyyah Hasnawi(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Perancangan sebuah game memerlukan alur perancangan layaknya perancangan sebuah sistem atau yang sering disebut dengan System Development Life Cycle (SDLC). Maka dari itu perancangan game membutuhkan panduan yang lebih spesifik yang khusus dalam merancang game. Maka muncullah istilah Game Development Life Cycle (GDLC). Perancangan sebuah game juga membutuhkan sebuah engine untuk mendukung pengembangan game. Unreal engine merupakan game engine yang di kembangkan oleh Epic Games yang memiliki banyak fitur salah satunya ialah adanya template awal yang akan mempermudah pengembang untuk membuat game. Adapun keluaran dari penelitian ini ialah sebuah aplikasi game yang dibuat dengan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dan menggunakan engine Unreal.

Keywords


Game Development Life Cycle; Unreal Engine; Game; Puzzle

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 1425 times
PDF view: 1457 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i1.582
  

Cite

References


Mustofa, V. Maarif, R. Wijianto, and F. Pernando, PENERAPAN BYLs GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE DALAM PERANCANGAN VIDEO GAME ORACLE FOR ANGEL, J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput., vol. 4, no. 2, pp. 191196, 2019.

M. A. Asis, Purnawansyah, and A. R. Manga, Penerapan System Development Life Cycle pada Sistem Validasi Metode Analisis Sediaan Farmasi, Bul. Sist. Inf. dan Teknol. Islam, vol. 1, no. 3, pp. 145149, 2020.

R. A. Krisdiawan, M. F. Rohmana, and A. Permana, Pembuatan Game Runaway From Culik Dengan Algoritma Fuzzy Mamdani, Buffer Inform., vol. 6, no. 1, pp. 3340, 2020.

B. Sulistio, S. Lutfi, and R. Ridwan, Aplikasi Kamus Bahasa Taliabu Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Binary Search, JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 2, pp. 6772, 2019, doi: 10.33387/jiko.v2i2.1316.

M. I. Java and R. E. Putra, Rancang Bangun Aplikasi Drone Simulator Berbasis Android Menggunakan Game Engine Unity, J. Informatics Comput. Sci., vol. 1, no. 01, pp. 2633, 2019, doi: 10.26740/jinacs.v1n01.p26-33.

S. Gumuda, Dynamics of the process of changes in concentration of methane in the air of ventilation currents in mines., vol. 2, no. 2, pp. 1321, 1978.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.