Rancang Bangun Sistem Pelaporan Kriminal Menggunakan Metode Location Based Services (LBS)


Novia Alvira Julita(1*); Harlinda Harlinda(2); Mardiyyah Hasnawi(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Masyarakat pada umumnya ketika ingin membuat laporan pengaduan harus datang ke kantor kepolisian. Namun beberapa masyarakat masih mengalami kendala, yaitu ketika calon pelapor mendapatkan insiden kriminal di jalan yang jauh dari kantor polisi dimana calon pelapor tersebut kesulitan pergi ke kantor polisi untuk melakukan pelaporan. Tentu ini membutuhkan penanganan yang cepat agar insiden tersebut tidak bertambah parah. Pihak kepolisian sendiri memberikan sebuah solusi dimana masyarakat dapat melaporkan kejadian kriminal melalui telepon saja. Namun solusi tersebut dinilai masih belum optimal karena informasi yang diterima oleh pihak kepolisian masih belum lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi sistem pelaporan kriminal menggunakan Metode Location Based Service (LBS) yang dapat memudahkan masyarakat dalam menyampaikan laporan tindak kriminal berupa bukti laporan berupa gambar/video kepada pihak kepolisian. Penelitian ini menghasilkan sebuah Sistem Pelaporan Kriminal Menggunakan Metode Location Based Services (LBS) yang memungkinkan masyarakat untuk lebih mudah dalam pelaporan tindakan kriminal di Kota Makassar dimana laporan yang dikirim masyarakat akan diterima oleh pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti. Sistem atau aplikasi ini dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan efisien berdasarkan hasil pengujian Black Box menunjukkan formform yang terdapat pada aplikasi semua berjalan dengan semestinya dan setiap validasi yang terdapat pada aplikasi semua menunjukkan sesuai perancangan aplikasi dengan persentase pengujian 50% mengatakan sangat setuju dan 30% mengatakan setuju, serta total persentase pengujian betha yang dicapai yaitu 88,1%.


Keywords


Kriminal; Kepolisian; Location Based Services (LBS); Sistem Pelaporan; Black Box

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 371 times
PDF view: 171 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i3.591
  

Cite

References


BPS, Statistik Kriminal, Badan Pusat Statistik, 2019. https://www.bps.go.id/ (accessed Feb. 29, 2020).

A. Ahmad, PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI : AKAR REVOLUSI DAN BERBAGAI STANDARNYA, J. Dakwah Tabligh, vol. 13, no. 1, pp. 137149, 2012.

E. Budiman, PEMANFAATAN TEKNOLOGI LOCATION BASED SERVICE DALAM MULAWARMAN BERBASIS MOBILE, J. Ilm. Ilk., vol. 8, no. 3, pp. 137144, 2016.

I. Faizal, Location-Based Services, FAKTUALITA, vol. 10, no. 2, pp. 59, 2015.

L. N. Hayati, Sistem Monitoring Karyawan Dengan Metode Lbs (Location Based Service) Berbasis Android, RESISTOR, vol. 2, no. 1, 2019.

M. Afdal and Y. Pratama, Rancang Bangun Panic Button System Terintegrasi, J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, 2020.

A. A. Muin, M. Syafei, and A. Qashlim, Implementasi Formula Haversine Pada Sistem Informasi Guru Mengaji Private, J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, pp. 6066, 2020.

V. A. Windarni, D. A. Istiqomah, and A. Setiawan, Penentuan Luas Lahan dengan Metode Pendekatan Lingkaran Berbasis Google Earth dan GADM untuk Wilayah Kabupaten Semarang, J. Transform., vol. 18, no. 2, p. 151, 2021, doi: 10.26623/transformatika.v18i2.2740.

Y. Yulianto, R. Ramadiani, and A. H. Kridalaksana, Penerapan Formula Haversine Pada Sistem Informasi Geografis Pencarian Jarak Terdekat Lokasi Lapangan Futsal, Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, p. 14, 2018, doi: 10.30872/jim.v13i1.1027.

A. S. Yusuf, Aplikasi Panic Button Laka Lantas Berbasis Android, J. Inform. Multimed., vol. 9, no. 02, pp. 6569, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.