Sistem Notifikasi Antrian berbasis Android pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Enrekang


Arfan Zainuddin(1*); Dolly Indra(2); Syahrul Mubarak Abdullah(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Proses antrian merupakan suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan seorang pengantri dalam suatu pasilitas pelayanan, kemudian menunggu dalam satu baris (antrian).Tetapi dalam kenyataannya ada beberapa masyarakat yang tidak jadi masuk ke dalam sistem (antrian) atau meninggalkan sistem karena antrian yang panjang. Beberapa mungkin ada yang menolak antrian sehingga masyarakat batal masuk ke dalam antrian karena panjangnya antrian atau waktu mengantri yang diperkirakan tidak sesuai dengan keinginannya. Hal ini pun berdampak pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam proses antrian yang ikut mengantri untuk memberikan informasi seputar jadwal antrian. Dalam penelitian ini akan dibuat aplikasi berbasis android menggunakan metode push notification dan metode FIFO(First In First Out) untuk menhitung waktu tunggu antrian. Hasil dari implementasi penelitian ini adalah sistem antrian yang mempermudah kebutuhan pelayanan antrian pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Enrekang dengan aplikasi berbasis android.


Keywords


Sistem antrian; Push Notification; First In First Out; Android

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 271 times
PDF view: 75 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i2.825
  

Cite

References


R. Hutapea, “Analisis Waktu Proses Bongkar ANALISIS WAKTU PROSES BONGKAR MUAT,” J. Ind. Eng. Manag. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 97–116, 2011.

S. Sugito and A. Hoyyi, “Proses Antrian Dengan Kedatangan Berdistribusi Poisson Dan Pola Pelayanan Berdistribusi General,” Media Stat., vol. 6, no. 1, pp. 51–60, 2013, doi: 10.14710/medstat.6.1.51-60.

I. T. M. Daeng, N. . Mewengkang, and E. R. Kalesaran, “Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado,” J. Acta Diurna, vol. VI, no. 1, pp. 1–15, 2017.

A. Djunu, “PEMANFAATAN FITUR INTERNET PADA SMARTPHONE OLEH MASYARAKAT (Studi Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur),” J. Acta Diurna, vol. V, no. 5, pp. 1–15, 2016.

G. Rondonuwu, S. S. Pangemanan, and L. M. Mawikere, “Evaluasi Penerapan Metode Persediaan Berdasarkan Metode Fifo Pada Pt . Honda Tunas Dwipa Matra Manado Evaluation of Inventory Method Based on Fifo Method At Pt . Honda Tunas,” J. EMBA, vol. 4, no. 4, pp. 268–278, 2016.

M. Siddik and A. Nasution, “TEKNOLOGI PUSH NOTIFIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK INFORMASI PERKULIAHAN (Studi Kasus : STMIK Royal Kisaran),” Semin. Nas. R., vol. 1, no. 1, pp. 41–44, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.