Implementasi Bot Telegram Pada Proses Retrieval Data Dalam Database


M. Imam Maulana(1*); Purnawansyah Purnawansyah(2); Huzain Azis(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Saat ini telah ada aplikasi Instant Messaging (IM) Telegram yang membantu mengirimkan pesan singkat. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi IM yang sering digunakan oleh masyarakat. Kelebihan IM Telegram adalah adanya landasan untuk menggunakan Application Programming Interface (API) untuk masyarakat luas. Salah satu API yang disediakan adalah fitur Bot. Laboratorium Fakultas Ilmu Komputer adalah ruang praktikum mahasiswa yang digunakan sebagai tempat mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan praktikum programming, yang dimana pelaksanaan jadwal praktikum dikelola langsung oleh laboratorium. Dalam pelaksanaan kegiatan praktikum mahasiswa terkadang kesulitan mendapatkan informasi perihal jadwal praktikum yang telah diperbarui dikarenalan laboratorium masih mengunakan cara yang konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah wadah media informasi menggunakan Bot Telegram, dengan Bot ini maka praktikan hanya butuh untuk mengirimkan perintah ke akun Bot dan jadwal praktikum akan langsung diberikan ke pengguna yang membutuhkan.

Keywords


BOT Telegram; Application Programming Interface (API); Instant Messaging

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 607 times
PDF view: 284 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v1i3.835
  

Cite

References


R.R Buamona, Santosa, and J Noh, Auto Response Message Pada Bot Telegram Untuk Pelayanan Sistem Informasi Monitoring Skripsi, hal 1-5, 2019.

A. Cokrojoyo, J. Andjarwirawan, & A. Noertjahyana, Pembuatan Bot Telegram Untuk Mengambil Informasi dan Jadwal Film Menggunakan PHP, Jurnal Infra, 5(1), 224227. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/5163

K. Gregory, P. Groth, H. Cousijn, A. Scharnhorst & S. Wyatt, A review of Observational Data Retrieval Practices in Selected Disciplines, Journal of the Association for Information Science and Technology, 70(5), 419432. https://doi.org/10.1002/asi.24165. 2019

L.N. Gunawan, J. Anjarwirawan, & A. Handojo, Aplikasi Bot Telegram Untuk Media Informasi Perkuliahan Program Studi Informatika-Sistem Informasi Bisnis Universitas Kristen Petra, 2018.

A. Hendini, Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(9), 107116. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004, 2016.

R. Hidayatullah, A. Wijaya, & F. N. Fajri, Pemanfaatan bot telegram sebagai media informasi di excellent private school paiton. Universitas Nurul Jadid, 6, 2014.

T. Husain, Implementasi Teknologi Telegram Bot Pada Perancangan E-Commerce Toko Anugrah Bangunan Polewali. VIII(2), 5162, 2019.

R. Juniyantara Putra, N. Putra Sastra, & D. M. Wiharta, Pengembangan Komunikasi Multikanal Untuk Monitoring Infrastruktur Jaringan Berbasis Bot Telegram. Jurnal SPEKTRUM, 5(2), 152. https://doi.org/10.24843/spektrum.2018.v05.i02.p19. 2018.

R. V. Palit, Y. D. Y. Rindengan, & A. S. M. Lumenta, Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang, 4(7), 17. 2015.

F. Ramadhan, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Dengan Bot Api Media Sosial Telegram Di Akademi Farmasi Surabaya. It-Edu, 2(02), 2017.

G. Sastrawangsa, Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Automatisasi Layanan Dan Informasi Mahasiswa Dalam Konsep Smart Campus, 772776. 2017.

H. Soeroso, A. Z. Arfianto, N. E. Mayangsari, & M. Taali, Penggunaan Bot Telegram Sebagai Announcement System Pada Intansi Pendidikan. Seminar MASTER PPNS, 2(1), 4548. https://www.researchgate.net/publication/321845746_Penggunaan_Bot_Telegram_Sebagai_Announcement_System_pada_Intansi_Pendidikan. 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.