Implementasi Analisis Volume Capacity Ratio untuk Memprediksi Kepadatan Lalu Lintas di Kota Makassar


Fina Febriana(1*); Yulita Salim(2); Herdianti Darwis(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kemacetan di Kota Makassar sudah menjadi hal yang lumrah. Hampir setiap ruas jalan yang ada di pusat Kota Makassar mengalami kemacetan akibat pertumbuhan penduduk yang meningkat dari tahun ketahun yang menyebabkan ketidak seimbangan antara jumlah moda transportasi yang ada di jalan raya dengan kapasitas jalan yang tersedia. Dampak yang akan ditimbulkan seperti kemacetan, meningkatnya polusi udara, pelanggaran lalu lintas, dan kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi kepadatan lalu lintas di Kota Makassar menggunakan metode Volume Capacity Ratio (VCR). Sumber pengumpulan data yang dilakukan yaitu berupa data primer dan sekunder dengan menggunakan metode analisis data, analisis sistem, dan analisis pengujian. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat membantu pihak-pihak yang membutuhkan dan dapat mengefisienkan waktu dalam mengatasi kepadatan lalu lintas.

Keywords


Prediksi; Kepadatan Lalu Lintas; Analisis Volume Capacity Ratio; Simple Moving Average

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 242 times
PDF view: 84 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/busiti.v3i3.864
  

Cite

References


Ridwan and Y. Kardiat, “Pembangunan Ekonomi Wilayah Di Kota Makassar (Studi Kasus Di Kecamatan Ujung Pandang),” J. Pallangga Praja, vol. 2, no. 2, pp. 193–208, 2020.

Asrahmaulyana, Qarina, and L. E. Edison, “Kerugian Ekonomi Akibat Kemacetan Lalu Lintas Terhadap Masyarakat Muslim Yang,” J. Iqtisaduna, vol. 6, no. 2, pp. 157–166, 2020.

H. Halim, S. A. Adisasmita, M. I. Ramli, and S. H. Aly, “Kecelakaan Sepeda Motor,” J. Transp., vol. 17, no. 2, pp. 155–164, 2017.

M. Setiawati, N. Royan, and A. P. Wijaya, “Analisa Penyebab Kemacetan Di Jalan Slamet Riyadi (Pasar Kuto) Menuju Arah Jembatan Musi 4,” Bear. J. Penelit. dan Kaji. Tek. Sipil, vol. 6, no. 3, pp. 166–174, 2020, doi: 10.32502/jbearing.2839202063.

Priyambodo, “Kondisi dan Prediksi Kepadatan Lalu Lintas di Kabupaten Malang,” J. Transp. Multimoda, vol. 15, no. 02, pp. 123–134, 2017.

Priyambodo, “Analisis Aksesibilitas Dan Level Of Service Angkutan Jalan Lintas Surabaya – Kediri,” War. Penelit. Perhub., 2015, doi: 10.25104/warlit.v27i2.779.

E. M. Malluluang, A. Alwi, and R. . Rustamaji, “Analisis Tingkat Pelayanan Jalan (Los) dan Karakteristik Lalu Lintas pada Ruas Jalan Gusti Situt Mahmud Kota Pontianak,” J. Tek. Sipil, vol. 17, no. 2, 2017, doi: 10.26418/jtsft.v17i2.23892.

H. E. Prasetyo and Trijeti, “Analisis Tingkat Pelayanan Jalan (Studi Kasus Jalan Ciledug Raya, Depan Universitas Budhi Luhur Jakarta Selatan),” J. Tek. Sipil, pp. 1–10, 2019, [Online]. Available: jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek

H. Prapcoyo, “Peramalan Jumlah Mahasiswa,” TELEMATIKA, vol. 15, no. 01, pp. 66–75, 2018.

N. Aini, S. Sinurat, and S. A. Hutabarat, “Penerapan Metode Simple Moving Average Untuk Memprediksi Hasil Laba Laundry Karpet Pada CV. Homecare,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 167–175, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam (BUSITI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.