Implementasi Aplikasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Flora di SD Inpres Desa MarindingToraja


Fitriyani Umar(1*); Herdianti Herdianti(2); Wistiani Astuti(3); Nurul Alfiyyah(4); Sarah Fila Nurul(5);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(4) Universitas Muslim Indonesia
(5) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk membantu proses pembelajaran. Transfer pengetahuan  akan optimal jika didukung dengan media pembelajaran yang tepat. Sekolah Dasar Inpres Marinding dalam proses pembelajaran selama ini belum dapat memanfaatkan teknologi terkini yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang suatu mata pelajaran. Padahal pesatnya perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai media tambahan untuk mendukung pembelajaran yang merangsang imajinasi, interaktif dan menumbuhkan minat belajar sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih baik lagi.

Demi menunjang proses pembelajaran di SDN 294 Inpres Marinding, siswa diharapkan memiliki banyak buku yang berisi satu tema tertentu sebanyak jumlah tema yang ada. Akan tetapi, pembelajaran masih berpusat pada buku tersebut dan tidak ada alat peraga khusus tentang Flora. Siswa tidak dapat melihat objek Flora secara langsung, hanya melalui gambar di buku dan kurang detailnya informasi tentang objek tersebut. Akibatnya, pembelajaran cenderung monoton, dan kurang kreatifitas.

Solusi yang diusulkan adalah memberikan pelatihan untuk implementasi aplikasi Augmented Reality Pengenalan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dan siswa dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk media pembelajaran alternatif melalui Augmented Reality khususnya pembelajaran Flora.

Tercapainya tujuan kegiatan telah menghasilkan luaran berupa modul dan aplikasi yang dapat menjadi alternatif media pembelajaran, publikasi pada media online dan jurnal yang diterbitkan di ILKOMAS.

Keywords


Augmented reality, Media pembelajaran, flora

  
     

Article Metrics

Abstract view: 38 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v4i1.1545
  

Cite

References


Hidayat, dkk, PERANCANGAN ENSIKLOPEDIA MOBILE FLORA DAN FAUNA INDONESIA BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknologi dan Informatika Komputer. P8m 2018

Rosadi ME, Kom M, Kom S, Kom M, Alamsyah NUR, Kom S, et al. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENERAPAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SENI DAN BUDAYA BANJAR PADA SISWA DI SDN TELUK DALAM 3 BANJARMASIN FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN ( UNISKA ). 2020.

Areni IS, Niswar M, Prayogi AA. Implementasi Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Biologi. 2018;1:105–10.

Safi A, Muqtadir A, Amaludin F. PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LAPISAN TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL. 2018;(September).

Tito. PELATIHAN PENERAPAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN BAHASA ISYARAT DI SLB NEGERI LURAGUNG KABUPATEN KUNINGAN PROVINSI JAWA BARAT. Empawermet, Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Komputer Untuk Masyarakat indexed by

ROAD_logo Google_Scholar_logogaruda_logo

___________________________________________________________
Ilmu Komputer Untuk Masyarakat
ISSN 2721-1282
Published by Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia
Website :https://fikom.umi.ac.id/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0