Membangun Identitas Digital: Branding dan Promosi Sekolah melalui Teknologi Website di SMKN 7 Takalar


Sudirman Sudirman(1*); Arief Fauzan(2); Rezki Amalia Wahyuni Mustakim(3);

(1) Universitas Bosowa
(2) Universitas Bosowa
(3) Universitas Bosowa
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk membantu SMKN 7 Takalar dalam membangun identitas digital, branding, dan melakukan promosi sekolah melalui pemanfaatan teknologi website. Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi sekolah untuk memanfaatkan teknologi website sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan citra dan meningkatkan keterlibatan siswa, orang tua, dan masyarakat. Pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kolaboratif antara tim pengabdian dan pihak sekolah. Langkah pertama melibatkan analisis situasi, yang mencakup tinjauan literatur dan identifikasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi SMKN 7 Takalar dalam membangun identitas digital dan branding sekolah melalui teknologi website. Berdasarkan analisis tersebut, sebuah rencana pengembangan dan implementasi teknologi website dibuat. Rencana tersebut mencakup beberapa aspek, seperti desain dan pengembangan website yang menarik dan responsif, pemilihan konten yang relevan dan menarik, strategi promosi yang efektif, serta pelatihan bagi staf sekolah untuk mengelola dan memelihara website. Implementasi rencana tersebut melibatkan tim pengabdian dalam menyediakan pelatihan dan dukungan teknis kepada pihak sekolah. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan teknologi website dengan baik, SMKN 7 Takalar dapat meningkatkan citra dan meningkatkan keterlibatan siswa, orang tua, dan masyarakat. Identitas digital dan branding sekolah menjadi lebih terlihat, dan promosi sekolah dapat dilakukan secara efektif melalui media online. Pihak sekolah juga menjadi lebih terampil dalam mengelola dan memelihara website sekolah. Pengabdian ini memberikan manfaat yang signifikan bagi SMKN 7 Takalar, membantu mereka dalam memanfaatkan teknologi website untuk membangun identitas digital dan branding yang kuat serta meningkatkan promosi sekolah. Pengabdian ini juga memberikan kontribusi dalam pemahaman dan penerapan penggunaan teknologi website dalam konteks pendidikan kepada sekolah lainnya.


Keywords


Indentitas Digital; Branding; Promosi Sekolah; Website.

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 37 times
PDF view: 10 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/ilkomas.v4i2.1782
  

Cite

References


Chiu, C. L., Ho, H. C., Yu, T., Liu, Y., & Mo, Y. (2021). Exploring information technology success of Augmented Reality Retail Applications in retail food chain. Journal of Retailing and Consumer Services, 61, 102561. doi:https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102561

Fadli, S., Khotimah, H., Ashari, M., Saikin, S., & Fahmi, H. (2023). Peningkatan Mutu Peserta Didik SMK Plus Munirul Arifin NW Praya dengan Pelatihan Microsoft Office. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 3(2), 84-90. doi:https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i2.1266

Fischer, M., Imgrund, F., Janiesch, C., & Winkelmann, A. (2020). Strategy archetypes for digital transformation: Defining meta objectives using business process management. Information & Management, 57(5), 103262. doi:https://doi.org/10.1016/j.im.2019.103262

Mas'udah, K., Fahlia, P., Pandini, E., Trimulyaningsih, N., Aditia, R., & Muqim, R. (2023). PERANCANGAN WEBSITE PROFIL DESA CARANGWULUNG SEBAGAI PUSAT INFORMASI. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 3(2), 91-97. doi:https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i2.1312

Sulistiyanto, M., Saprudin, U., Sutomo, B., & Hartono, T. (2022). Pendampingan Pembuatan Website Menggunakan Content Management System & Plugin bagi Mahasiwa Manajemen Haji dan Umroh Institut Agama Islam Negeri Metro. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 2(2). doi:https://doi.org/10.33096/ilkomas.v2i2.1066

Djamereng, A., Hayati, L., Siruna, E., Fitriani, S., & Yulinda, N. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Berbasis Website untuk Pemasaran pada UMKM Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 3(1), 26-33. doi:https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i1.1218

Silmina, E., & Hardiani, T. (2022). Pelatihan MySimpleShow pada Guru SMK Muhammdiyah 1 Yogyakarta. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 3(1), 1-7. doi:https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i1.1211

Harlinda, H., & Satra, R. (2022). Pemanfaatan E-Commerce untuk Penjualan Kripik Keladi UMKM Kripik Salongge�. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 3(1), 40-46. doi:https://doi.org/10.33096/ilkomas.v3i1.1089

Sudirman, S., Fauzan, A., & Mustakim, R. (2023). Pembuatan Website sebagai Media Pencitraan dan Promosi Pada Desa Kamiri Kecamatan Balusu Kabupten Barru. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 4(1). doi:https://doi.org/10.33096/ilkomas.v4i1.1765

Mero, J., Vanninen, H., & Keränen, J. (2023). B2B influencer marketing: Conceptualization and four managerial strategies. Industrial Marketing Management, 108, 79-93. doi:https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2022.10.017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ilmu Komputer untuk Masyarakat diindeks oleh

ROAD_logo Google_Scholar_logo garuda_logo


Ilmu Komputer untuk Masyarakat
e-ISSN 2721-1282
Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/
Email : ilkomas@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0