Kipas Angin Otomatis Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor DHT11


Khalish Ghandur Syamsuddina(1*); Ramdan Satra(2); Abdul Rachman Manga(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Suhu tubuh Manusia bervariasi tergantung dengan kondisi ruangan dan faktor-faktor seperti iklim tropis dan pemanasan global di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan alat pendingin untuk memberikan kenyamanan dengan menurunkan suhu dan menciptakan suasana yang lebih sejuk.Alat pendingin yang umum digunakan adalah kipas angin. Namun, sebagian besar kipas angin yang tersedia saat ini masih bersifat manual, mengharuskan pengguna untuk menekan atau memutar tombol pada badan kipas untuk menghidupkan atau mematikannya. Kendala ini sering membuat manusia enggan mengoperasikan kipas, karena harus mendekati alat tersebut. Sebagai solusi, telah dikembangkan kipas angin otomatis yang menggunakan sensor suhu (DHT11) dan dikendalikan melalui Arduino Uno. Sensor DHT11 berfungsi untuk mengukur suhu ruangan, sementara Arduino bertugas sebagai pengendali. Tujuan dari pengembangan kipas angin otomatis ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mengontrol kipas angin Dalam pengujian, kipas otomatis akan menyala jika sensor membaca suhu ruangan 30°C atau lebih, dan akan mati jika suhu berada pada 29°C ke bawah. Dengan demikian, alat ini memberikan kenyamanan tanpa memerlukan interaksi manual yang intensif.

Keywords


Sensor DHT11; Arduino Uno; Kipas Angin; Rancang Bangun

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 4 times
PDF view: 7 times
     

Digital Object Identifier

  

Cite

References


H. Sanjaya et al., “Kipas Angin Otomatis Menggunakan Sensor Suhu DHT11,” page 187- 191, 2021.

Q. Arrosyidah et al., “Pengembangan Sistem Kipas Otomatis Berbasis Internet of Things(IOT) Menggunakan Sensor PIR dan DHT11,” vol. 9, no. 16, page 647-654, 2023.

R. Sudrajat dan Fahimatu Rofifah, “Rancang Bangun Sistem Kendali Kipas Angin dengan Sensor Suhu dan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Uno,” vol. 7, no. 1, 2023.

R. Aulia et al., “Pengendalian Suhu Ruangan Menggunakan FAN dan DHT11 Berbasis Arduino,” vol. 6, no. 1, 2021.

A. Adiyoga dan D. W. Chandra, “Sistem Kipas Angin Otomatis dengan Sensor Suhu dan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino Uno,” vol. 7, no. 1, 2023.

Latif. N. 2021. Penyiraman Tanaman Otomatis dengan Sensor Soil Moisture dan Sensor Suhu. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer. 7(1):16-20.

P. Giashinta, “Alat Pengatur Suhu Kelembaban dan Monitoring Masa Panen pada Budidaya Jamur Tiram Berbasis Arduino Uno,” 2018.

Y. N. I. Fathulrohman and A. Saepuloh, “Alat Monitoring Suhu dan Kelembaban Menggunakan Arduino Uno,” vol. 2, no. 1, 2018.

M. Electronics, “DHT11 Humidity & Temperature Sensor,” in Datasheet, pp. 1–10.

M. Wardhani, S. Hadi, and J. Budiarto, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban Udara Berbasis Wireless Sensor Network,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 9, no. 2, pp. 115–125, 2021.

M. A. Prasetya and R. Aulia, “Prototype Penerangan Lampu Taman Otomatis Menggunakan Arduino Uno,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., 2020.

A. Rohmanu dan D. Widiyanto, “Sistem Sensor Jarak Aman Pada Mobil Berbasis Mikrokontroller Arduino Atmega328,” Jurnal Informatika, vol. 3, no. 1, 2018.

Y. N. I. Fathulrohman dan A. Saepuloh, “Alat Monitoring Suhu dan Kelembaban Menggunakan Arduino Uno,” Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika, vol. 2, no. 1, 2018.

F. Puspasari et al., “Analisis Akurasi Sistem Sensor DHT22 Berbasis Arduino TerhadapThermohygrometer Standar, “ vol. 16, no. 1, 2020.

K. Fatmawati et al., “Rancang Bangun Tempat Sampah Pintar Menggunakan Sensor Jarak Berbasis Mikrokontroler Arduino, “ vol. 6, no. 2, 2020.

S. Ardhiman, D. Indra dan A. R. Manga', "Rancang Bagun Alat Pendeteksi Keberadaan Sapi Berbasis Mikrokontroller," Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, vol. 2, no. 2, 2021.

A. Rachmansyah, R. Satra dan M. A. Mude, “Perancangan Alat Pemberi Makan dan Monitoring Sisa Pakan Hewan Pemeliharaan Berbasis Microcontroller,” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, vol. 3, no. 1, 2022

L. Fikriyah dan A. Rohmanu, “Sistem Kontrol Pendingin Ruangan Menggunakan Arduino Web Server dan Embedded Fuzzy Logic di PT. Inoac Polytechno Indonesia,” Jurnal Informatika, vol. 3, no. 1, 2018.

J. Parhan and R. Rasyid, “Rancang Bangun Sistem Kontrol Kipas Angin dan Lampu Otomatis di Dalam Ruang Berbasis Arduino Uno ATmega328R3 Menggunakan Multisensor,” J. Fis. Unand, vol. 7, no. 2, pp. 159–165, 2018, doi: 10.25077/jfu.7.2.159- 165.2018.

D. D. Yudhistira, M. D. Ramadhan, N. Augusta, and S. Agustini, “Pengenalan Mikrokontroler Arduino Uno,” pp. 1–7, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khalish Ghandur Syamsuddina, Ramdan Satra, Abdul Rachman Manga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Literatur Informatika dan Komputer

Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/LINIER/
Email : linier@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0