Analisis Pre-processing Sentimen Terhadap Komentar Layanan Indihome Pada Twitter
Achmad Novanto(1*); Dolly Indra(2); Wistiani Astuti(3);
(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractDalam era globalisasi yang terus berkembang, peran teknologi informasi menjadi krusial dalam mengubah cara manusia
berinteraksi dan mengakses informasi. Perusahaan telekomunikasi, seperti PT Telkom Indonesia dengan layanannya, IndiHome, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menyediakan layanan digital berbasis Internet, Telepon Rumah, dan TV Interaktif/IPTV. Meskipun sudah menjangkau seluruh Indonesia, pemahaman mengenai kepuasan pengguna terhadap layanan IndiHome masih perlu diperdalam. Penelitian ini difokuskan pada analisis sentimen pengguna terhadap layanan IndiHome melalui media sosial twitter. twitter menjadi platform yang signifikan dalam mengekspresikan pandangan, kritik, dan kepuasan pengguna. Pembatasan karakter dalam setiap cuitan memunculkan gaya bahasa baru, yang memicu kreativitas pengguna. Meski demikian, menganalisis sentimen dari tweet memiliki tantangan tersendiri, terutama karena penggunaan kata-kata non-baku dan bahasa informal. Oleh karena itu, pentingnya preprocessing data dalam analisis sentimen menjadi fokus utama penelitian ini. Langkah awal dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan klasifikasi sentimen dengan membersihkan dan normalisasi data tweet. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih akurat mengenai respons pengguna terhadap layanan IndiHome. Melalui langkah-langkah preprocessing yang dilibatkan, penelitian ini menyimpulkan bahwa data yang telah dipersiapkan menjadi lebih siap untuk tahap analisis sentimen. Dengan demikian, analisis sentimen dapat memberikan hasil yang lebih relevan dan akurat, membuka peluang untuk mengambil langkah-langkah strategis terkait dengan polarisasi sentimen yang teridentifikasi. Keywordsanalisis sentimen; indihome; twitter; preprocessing
|
Full Text:PDF |
Article MetricsAbstract view: 5 timesPDF view: 6 times |
Digital Object Identifierhttps://doi.org/10.33096/linier.v1i2.2491 |
Cite |
References
A. Tobing, E. Simorangkir, M. Situmorang, dan P. Y. Purba, “The Influence of Service Quality, Pricing,
and Digital Marketing on IndiHome Fiber Customer Loyalty,” International Journal of Social Science
and Business, vol. 5, no. 2, hlm. 167–173, 2021, doi: 10.23887/ijssb.v5i2.35523.
D. Indra dan J. T. Purba, “Pengukuran Kualitas Pelayanan, Harga dan Customer Value Terhadap
Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Bagi Kaum Millenial,” Journal of Accounting &
Management Innovation, vol. 3, no. 1, hlm. 14–35, Jan 2019.
C. Septianarditya dan M. Nasir, “Analisis Kepuasan Pelanggan IndiHome berdasarkan Kualitas
Pelayanan, Harga, dan Promosi,” Eksos, vol. 18, no. 1, hlm. 71–79, Jun 2022, doi:
31573/eksos.v18i1.440.
J. Khatib Sulaiman, T. Danirmala, Y. Sulistyo Nugroho, dan U. Muhammdiyah Surakarta, “Analisis
Sentimen Terhadap Topik Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Media Sosial Twitter,”
Indonesian Journal of Computer Science.
R. Kurnia Pratama dan P. W. Setyaningsih, “Analisis Komentar Pada Twitter Terhadap Lapangan Kerja
Dengan Metode Naïve Bayes,” Jurnal Information System & Artificial Intelligence, vol. 3, no. 2, hlm.
–227, Mei 2023.
R. Yanuarti, “Analisis Media Sosial Twitter Terhadap Topik Vaksinasi Covid-19,” JUSTINDO (Jurnal
Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.32528/justindo.v6i2.5503.
R. Rismaya dan A. N. Sofyan, “Interjeksi Dalam Komentar Terhadap Cuitan Akun Twitter
@ASKNONYM: KAJIAN MORFOLOGI,” MABASAN, vol. 14, no. 2, hlm. 181–194, Des 2020, doi:
26499/mab.v14i2.354.
S. Khairunnisa, A. Adiwijaya, dan S. Al Faraby, “Pengaruh Text Preprocessing terhadap Analisis
Sentimen Komentar Masyarakat pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus Pandemi COVID-19),”
JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 2, hlm. 406, Apr 2021, doi:
30865/mib.v5i2.2835.
M. Nur, “Perbandingan Levenshtein Distance Dan Jaro-Winkler Distance Untuk Koreksi Kata Dalam
Preprocessing Analisis Sentimen Pengguna Twitter,” Jurnal Fokus Elektroda : Energi Listrik,
Telekomunikasi, Komputer, Elektronika dan Kendali, vol. 06, no. 02, hlm. 88–93, 2021.
S. Suparyati, A. Sentimen, P. Tripadvisor, dan A. Fathurahman, “Analisis Sentimen Dengan Klasifikasi
Naïve Bayes pada Review Hotel Tripadvisor,” Jurnal Ilmiah Informatika (JIF), vol. 10, no. 01, hlm.
–24, Mar 2022.
R. Tineges, A. Triayudi, dan I. D. Sholihati, “Analisis Sentimen Terhadap Layanan Indihome
Berdasarkan Twitter Dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine (SVM),” JURNAL MEDIA
INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 3, hlm. 650, Jul 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2181.
T. Krisdiyanto, E. Maricha, dan O. Nurharyanto, “Analisis Sentimen Opini Masyarakat Indonesia
Terhadap Kebijakan PPKM pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naïve Bayes Clasifiers,” Jurnal
CoreIT, vol. 7, no. 1, 2021.
H. C. Husada dan A. S. Paramita, “Analisis Sentimen Pada Maskapai Penerbangan di Platform Twitter
Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM),” Teknika, vol. 10, no. 1, 2021, doi:
34148/teknika.v10i1.311.
Zaenal, Y. Salim, dan L. Budi Ilmawan, “Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam Analisis Sentimen terhadap Komentar Negatif di Media Sosial Facebook dengan Metode Klasifikasi Naïve
Bayes,” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, vol. 1, no. 4, hlm. 259–265, 2020.
A. E. Budiman dan A. Widjaja, “Analisis Pengaruh Teks Preprocessing Terhadap Deteksi Plagiarisme
Pada Dokumen Tugas Akhir,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 6, no. 3, 2020, doi:
28932/jutisi.v6i3.2892.
Y. Salim dan L. Budi Ilmawan, “Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam Analisis Sentimen
terhadap Komentar Negatif di Media Sosial Facebook dengan Metode Klasifikasi Naïve Bayes
INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK,” vol. 1, no. 4, hlm. 259–265, 2020.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Achmad Novanto, Dolly Indra, Wistiani Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Literatur Informatika dan Komputer
Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer
Website : https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/LINIER/
Email : linier@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0