Analisis Pre-processing Sentimen Terhadap Komentar Layanan Indihome Pada Twitter


Achmad Novanto(1*); Dolly Indra(2); Wistiani Astuti(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Dalam era globalisasi yang terus berkembang, peran teknologi informasi menjadi krusial dalam mengubah cara manusia
berinteraksi dan mengakses informasi. Perusahaan telekomunikasi, seperti PT Telkom Indonesia dengan layanannya,
IndiHome, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menyediakan layanan digital berbasis Internet, Telepon Rumah, dan
TV Interaktif/IPTV. Meskipun sudah menjangkau seluruh Indonesia, pemahaman mengenai kepuasan pengguna terhadap
layanan IndiHome masih perlu diperdalam. Penelitian ini difokuskan pada analisis sentimen pengguna terhadap layanan
IndiHome melalui media sosial twitter. twitter menjadi platform yang signifikan dalam mengekspresikan pandangan, kritik,
dan kepuasan pengguna. Pembatasan karakter dalam setiap cuitan memunculkan gaya bahasa baru, yang memicu kreativitas
pengguna. Meski demikian, menganalisis sentimen dari tweet memiliki tantangan tersendiri, terutama karena penggunaan
kata-kata non-baku dan bahasa informal. Oleh karena itu, pentingnya preprocessing data dalam analisis sentimen menjadi
fokus utama penelitian ini. Langkah awal dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan klasifikasi
sentimen dengan membersihkan dan normalisasi data tweet. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang
lebih akurat mengenai respons pengguna terhadap layanan IndiHome. Melalui langkah-langkah preprocessing yang
dilibatkan, penelitian ini menyimpulkan bahwa data yang telah dipersiapkan menjadi lebih siap untuk tahap analisis
sentimen. Dengan demikian, analisis sentimen dapat memberikan hasil yang lebih relevan dan akurat, membuka peluang
untuk mengambil langkah-langkah strategis terkait dengan polarisasi sentimen yang teridentifikasi.

Keywords


analisis sentimen; indihome; twitter; preprocessing

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 5 times
PDF view: 6 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/linier.v1i2.2491
  

Cite

References


A. Tobing, E. Simorangkir, M. Situmorang, dan P. Y. Purba, “The Influence of Service Quality, Pricing,

and Digital Marketing on IndiHome Fiber Customer Loyalty,” International Journal of Social Science

and Business, vol. 5, no. 2, hlm. 167–173, 2021, doi: 10.23887/ijssb.v5i2.35523.

D. Indra dan J. T. Purba, “Pengukuran Kualitas Pelayanan, Harga dan Customer Value Terhadap

Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Bagi Kaum Millenial,” Journal of Accounting &

Management Innovation, vol. 3, no. 1, hlm. 14–35, Jan 2019.

C. Septianarditya dan M. Nasir, “Analisis Kepuasan Pelanggan IndiHome berdasarkan Kualitas

Pelayanan, Harga, dan Promosi,” Eksos, vol. 18, no. 1, hlm. 71–79, Jun 2022, doi:

31573/eksos.v18i1.440.

J. Khatib Sulaiman, T. Danirmala, Y. Sulistyo Nugroho, dan U. Muhammdiyah Surakarta, “Analisis

Sentimen Terhadap Topik Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Media Sosial Twitter,”

Indonesian Journal of Computer Science.

R. Kurnia Pratama dan P. W. Setyaningsih, “Analisis Komentar Pada Twitter Terhadap Lapangan Kerja

Dengan Metode Naïve Bayes,” Jurnal Information System & Artificial Intelligence, vol. 3, no. 2, hlm.

–227, Mei 2023.

R. Yanuarti, “Analisis Media Sosial Twitter Terhadap Topik Vaksinasi Covid-19,” JUSTINDO (Jurnal

Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), vol. 6, no. 2, 2021, doi: 10.32528/justindo.v6i2.5503.

R. Rismaya dan A. N. Sofyan, “Interjeksi Dalam Komentar Terhadap Cuitan Akun Twitter

@ASKNONYM: KAJIAN MORFOLOGI,” MABASAN, vol. 14, no. 2, hlm. 181–194, Des 2020, doi:

26499/mab.v14i2.354.

S. Khairunnisa, A. Adiwijaya, dan S. Al Faraby, “Pengaruh Text Preprocessing terhadap Analisis

Sentimen Komentar Masyarakat pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus Pandemi COVID-19),”

JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 2, hlm. 406, Apr 2021, doi:

30865/mib.v5i2.2835.

M. Nur, “Perbandingan Levenshtein Distance Dan Jaro-Winkler Distance Untuk Koreksi Kata Dalam

Preprocessing Analisis Sentimen Pengguna Twitter,” Jurnal Fokus Elektroda : Energi Listrik,

Telekomunikasi, Komputer, Elektronika dan Kendali, vol. 06, no. 02, hlm. 88–93, 2021.

S. Suparyati, A. Sentimen, P. Tripadvisor, dan A. Fathurahman, “Analisis Sentimen Dengan Klasifikasi

Naïve Bayes pada Review Hotel Tripadvisor,” Jurnal Ilmiah Informatika (JIF), vol. 10, no. 01, hlm.

–24, Mar 2022.

R. Tineges, A. Triayudi, dan I. D. Sholihati, “Analisis Sentimen Terhadap Layanan Indihome

Berdasarkan Twitter Dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine (SVM),” JURNAL MEDIA

INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4, no. 3, hlm. 650, Jul 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.2181.

T. Krisdiyanto, E. Maricha, dan O. Nurharyanto, “Analisis Sentimen Opini Masyarakat Indonesia

Terhadap Kebijakan PPKM pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naïve Bayes Clasifiers,” Jurnal

CoreIT, vol. 7, no. 1, 2021.

H. C. Husada dan A. S. Paramita, “Analisis Sentimen Pada Maskapai Penerbangan di Platform Twitter

Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM),” Teknika, vol. 10, no. 1, 2021, doi:

34148/teknika.v10i1.311.

Zaenal, Y. Salim, dan L. Budi Ilmawan, “Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam Analisis Sentimen terhadap Komentar Negatif di Media Sosial Facebook dengan Metode Klasifikasi Naïve

Bayes,” Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam, vol. 1, no. 4, hlm. 259–265, 2020.

A. E. Budiman dan A. Widjaja, “Analisis Pengaruh Teks Preprocessing Terhadap Deteksi Plagiarisme

Pada Dokumen Tugas Akhir,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 6, no. 3, 2020, doi:

28932/jutisi.v6i3.2892.

Y. Salim dan L. Budi Ilmawan, “Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam Analisis Sentimen

terhadap Komentar Negatif di Media Sosial Facebook dengan Metode Klasifikasi Naïve Bayes

INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK,” vol. 1, no. 4, hlm. 259–265, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Achmad Novanto, Dolly Indra, Wistiani Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Literatur Informatika dan Komputer

Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/LINIER/
Email : linier@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0