Perancangan Sistem Informasi Destinasi Wisata Kota Kaimana Papua Barat Menggunakan Model Extreme Programming Berbasis Web


Ade Suhendra(1*); Ihwana As’ad(2); Sugiarti Sugiarti(3);

(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(3) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

  

Abstract


Kota Kaimana merupakan kota yang indah dari segi wisata dan parawisata sehingga kota ini juga sering disebut kota 1001
senja dan kota ini terletak di Provinsi Papua Barat. Kota Kaimana memiliki potensi pariwisata seperti wisata alam , sejarah,
kuliner, pantai, budaya dan agrowisata. Potensi pariwisata di Kota Kaimana ini belum dikembangkan secara maksimal oleh
pemerintah daerah. Hal ini terlihat dari penyediaan sarana prasarana wisata yang belum memadai dan masih kurangnya
jumlah wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata yang berada di Kota Kaimana. Pemerintah Kabupaten Kaimana akan
berupaya mendorong optimalisasi pengembangan parawisata di Kabupaten Kaimana guna mengejar ketertinggalan dengan
daerah-daerah lain diluar Papua Barat. Oleh sebab itu pariwisata yang dikembangkan harus melibatkan masyarakat sekitar
yaitu menggunakan media–media online seperti website dan konten-konten (youtube) untuk mempromosikan parawisata
yang ada di Kota Kaimana. Tujuan perancagan ini untuk mengetahui potensi dan permasalah pengembangan wisata, serta
mengetahui potensi yang melibatkan masyarakat lokal. Analisis ini menggunakan model Extreme Programming berbasis
web. Hasil yang diharapkan dari Rancangan ini dapat meningkatkan jumlah parawisatawan yang berkunjung ke Kota
Kaimana.

Keywords


Potensi; Wisata; Extreme Programming

  
  

Full Text:

PDF
  

Article Metrics

Abstract view: 6 times
PDF view: 4 times
     

Digital Object Identifier

doi  https://doi.org/10.33096/linier.v1i3.2506
  

Cite

References


A. A. Budi, L. Aldianto, B. Penelitian, P. Daerah, and P. Lampung, “Pengembangan Pariwisata Budaya Di

Kota Bandung Dalam Sudut Pandang Implementasi Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha

Development Of Cultural Tourism In The City Of Bandung In The View Of Implementation Of Public Private

Partnertship,” vol. 11, no. 2, p. 109, 2023.

N. Hermawansyah and M. Nasir, “Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kabupaten Aceh Singkil Berbasis

Web,” Journal of Software Engineering Ampera, vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2023.

Al. Nasir, et, Rancagan Sistem Informasi Wisata Dipulau Buton Berbasis Web, vol. 9. 2023.

“Hasil Analisis Pengembangan Indikator Daya Saing Pariwisata,” 2019.

Y. N. Teti et al., “Sistem Informasi Geografis Destinasi Tempat Wisata Provinsi Papua,” Journal Technology

and Information System (J-TIS) ISSN, pp. 2962–407, 2020.

D. W. Hoffman, “Kabupaten Kaimana Dalam Angka Kaimana 2024”.

Y. H. Pesik, J. W. Tanusaputra, and I. B. Trisno, “Sistem Informasi Pemandu Wisata Berbasis Website,” Jurnal

Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), vol. 5, no. 6, pp. 998–1007, 2022.

L. Afriza, H. Darmawan, A. Riyanti, S. Tinggi, I. E. Pariwisata, and P. Bandung, “Pengelolaan Desa Wisata

Di Provinsi Jawa Barat,” 2020.

N. A. Septiani and F. Y. Habibie, “Penggunaan Metode Extreme Programming Pada Perancangan Sistem

Informasi Pelayanan Publik,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 3, p. 341, 2022.

A. Nelayan, T. Ikan, S. Ekonomi, and K. M. Tenggara, “Jurnal pendidikan geografi unpatti,” vol. 2, pp. 123–

, 2023.

I. As, S. Sugiarti, A. Asran, and H. Ma, “Buton Island ’ s website-based tourism information system,” vol. 1,

no. 1, pp. 180–190, 2024.

M. Ramadhan and M. A. Gustalika, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Tempat Wisata Berbasis

Android Menggunakan Metode Extreme Programming,” vol. 5, no. 2, pp. 114–124, 2024.

N. Mirnawati and A. Qoiriah, “Rancang Bangun Website Obyek Wisata Kabupaten Tuban ‘Tuban Explore’

Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” Journal of Informatics and Computer Science, vol. 06,

S. Oktaviani, A. Priyanto, and C. Wiguna, “Implementasi Extreme Programming Pada Sistem Informasi

Program Kreativitas Mahasiswa Berbasis Web,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol. 9, no. 1, pp. 89–94, 2022.

B. Priyatna, U. Buana, and P. Karawang, “Accounting Information System Penerapan Metode User Centered

Design (UCD) Pada Sistem Pemesanan Menu Kuliner Nusantara Berbasis Mobile Android.”

J. Margaretha and A. Voutama, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Konser Musik Berbasis Web

Menggunakan Unified Modeling Language (UML),” JOINS (Journal of Information System), vol. 8, no. 1, pp.

–31, 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ade Suhendra, Ihwana As’ad, Sugiarti Sugiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Literatur Informatika dan Komputer

Diterbitkan oleh  Fakultas Ilmu Komputer
Website :  https://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/LINIER/
Email : linier@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0